Budaya  

7 Tradisi Unik Ramadhan di Turki yang Mirip dengan Indonesia

ilustrasi buka puasa. Foto: ist
ilustrasi buka puasa. Foto: ist

TURKI adalah salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di Eropa. Seperti kebanyakan negara lain, Turki juga memiliki tradisi unik saat Ramadhan tiba. Banyak kegiatan dan tradisi unik yang dilakukan oleh umat Islam selama bulan puasa. Beberapa tradisi unik Ramadhan di Turki banyak yang tidak ditemukan di negara lain, namun ada kemiripan dengan di indonesia.

Berikut beberapa tradisi Unik di Turki yang Mirip dengan di Indonesia

1.Membangunkan Makan Sahur

Seperti di Indonesia, umat Islam Turki memiliki tradisi membangunkan sahur dengan menabuh atau menabuh gendang di sekitar rumah atau perumahan kota. Tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini sebagai ciri khas saat bulan Ramadhan berlangsung.

2.Toko-Toko Buka Sampai Larut Malam

Salah satu tradisi warga Turki selama Ramadan adalah membuka toko hingga larut malam. Muslim Turki banyak melakukan aktivitas di malam hari baik sekedar makan atau berbelanja. Saat malam tiba, kota menjadi ramai dengan orang-orang yang berjalan-jalan dan berbelanja.

3.Bertukar Makanan dengan Tetangga

Salah satu tradisi unik Ramadhan di Turki adalah barter atau tukar menukar makanan dengan tetangga sebelum berbuka puasa. Tradisi ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi dengan tetangga. Selain itu, tradisi ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan saling berbagi di antara umat Islam. Sehingga tidak ada umat Islam di Turki yang kelaparan saat berbuka puasa.

4.Buka Puasa Bersama

Buka bersama mungkin merupakan kegiatan Ramadhan tradisional di Indonesia. Namun di Turki juga ada tradisi buka bersama. Muslim Turki buka bersama di teras sekitar masjid dan di jalan-jalan sekitar kota. Mereka berbaris berhadap-hadapan dan makan bersama Muslim lainnya.

5.Takjil Gratis

Umat ​​Islam Turki yang memiliki kelebihan rezeki biasanya menyumbangkan sebagian dananya kepada pengurus masjid untuk mengatur makanan pembuka puasa atau biasa disebut takjil untuk dimakan bersama saat buka bersama.

6.Sholat Tarawih Berjamaah

Tidak lengkap bulan Ramadan jika tidak mengamalkan sunnah. Muslim Turki juga melakukan sholat tarawih berjamaah di masjid. Masjid pun dipenuhi oleh umat Islam yang sedang melaksanakan sholat tarawih hingga memenuhi halaman masjid.

7.Makanan Khas Ramadhan

Ramadhan tidak lengkap jika ada makanan khas bukan? Turki sendiri memiliki tradisi hidangan khas Ramadhan yakni Gozleme dan Lavas Roti. Roti merupakan makanan pokok warga Turki, tak heran jika roti Gozleme dan Lavas selalu habis terjual saat Ramadan. Kalau di Indonesia makan khas berbuka piasanya biasanya adalah kolak. (kt1)

Redaktur: Faisal

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com