Tips Sehat Agar Ibu Tidak Kelelahan Merawat Bayi Pasca Melahirkan

ilustrasi tips Agar Tidak Kelelahan Merawat Bayi Pasca Melahirkan
ilustrasi

jogjakartanews.com- Merawat bayi bisa sangat melelahkan, terutama dalam beberapa bulan pertama setelah kelahiran, ketika anak Anda kemungkinan besar akan terbangun beberapa kali di malam hari. Lalu bagaimana Tips sehat agar Ibu tidak kelelahan merawat bayi pasca melahirkan?

Kebanyakan orang tua mengatasi tingkat kelelahan tertentu. Tetapi jika Anda merasa rendah diri, pemarah, dan tidak mampu mengatasi atau menikmati berbagai hal, Anda perlu menemukan cara untuk tidur lebih banyak, atau setidaknya lebih banyak istirahat.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda, ibu yang baru melahirkan agar tidak kelelahan:

Tidurlah saat bayi Anda tidur

Cobalah untuk beristirahat saat bayi Anda tidur. Mungkin tergoda untuk menggunakan waktu ini untuk menyelesaikan pekerjaan rumah atau pekerjaan lain, tetapi terkadang istirahat lebih penting. Setel alarm jika Anda khawatir tidur terlalu lama.

Tidur lebih awal

Cobalah untuk tidur lebih awal selama, setidaknya, 1 minggu. Jika Anda tidak bisa tidur saat pergi tidur, lakukan sesuatu yang menenangkan selama setengah jam sebelumnya, seperti berendam di bak mandi air panas.

Berbagi Waktu dengan Suami

Berbagi waktu dengan suami adalah solusi yang tepat. Misalnya, Jika Anda sedang menyusui, mintalah pasangan Anda untuk membantu menggantikan popok atau pakaian bayi dan menggendongnya supaya si bayi tidur.

Setelah Anda melakukan rutinitas menyusui yang baik, pasangan Anda sesekali dapat memberikan sebotol ASI perah di malam hari.

Mintalah Bantuan Kerabat

Anda bisa meminta kerabat atau teman untuk datang dan menjaga bayi Anda saat Anda tidur siang sementara suami bekerja.

Jika Anda sendirian, Anda dapat melihat apakah seorang teman atau kerabat dapat tinggal bersama Anda selama beberapa hari sehingga Anda dapat tidur lebih banyak.

Pahami Pola Tidur Bayi Anda

Fase ketika bayi Anda terbangun beberapa kali dalam semalam tidak akan berlangsung selamanya. Seiring bertambahnya usia bayi, mereka tidur lebih lama.

Olahraga Ringan Secara Teratur

Saat Anda merasa lelah, melakukan lebih banyak olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tetapi olahraga teratur dapat membantu Anda merasa tidak terlalu lelah. Untuk Anda yang sedang menyusui, olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga berat, cukup jalan kaki.

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling mudah. Cobalah berjalan-jalan setiap hari dengan bayi Anda, meskipun hanya ke toko.

Cobalah Latihan Relaksasi

Sedikitnya 5 sampai 10 menit relaksasi mendalam dapat membantu menyegarkan Anda. Anda dapat mempelajari teknik relaksasi secara online, atau dari membaca buku.

Mulailah dengan mencoba latihan pernapasan sederhana yang bisa Anda lakukan di mana saja.

Hindari Stres

Terkadang Anda bisa merasa lelah karena stres. Jika Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasi stres, Anda mungkin akan lebih mudah mengatasinya, bahkan jika Anda tidak bisa tidur lagi.

Waspadai Tanda-tanda Depresi Pasca Melahirkan

Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari bahkan saat bayi Anda tertidur atau Anda selalu merasa lelah, ini bisa menjadi tanda depresi pasca melahirkan.

Tanda lainnya termasuk merasa sedih atau putus asa dan tidak menikmati hal-hal yang biasanya Anda nikmati.

Jika Anda merasa depresi, bicaralah dengan dokter sesegera mungkin sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan untuk pemulihan yang cepat. (kt1)

Sumber: Berbagai Sumber

Redaktur: Faisal

 

 

55 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com