Budaya  

Kirab dan Gelar Potensi Budaya Peringatan Kalurahan Donokerto ke-75 Berlangsung Meriah

Kirab dan Gelar Potensi Budaya Peringatan Kalurahan Donokerto ke-75. Foto: ist
Kirab dan Gelar Potensi Budaya Peringatan Kalurahan Donokerto ke-75. Foto: ist

SLEMAN – Hari Jadinya yang  ke-75 Kalurahan Donokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman menyelenggarakan Kirab dan Gelar Potensi Budaya, Sabtu (24/06/2023) di Lapangan Donokerto.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang hadir dalam acara menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap pelaksanaan Kirab dan Gelar Potensi Budaya Kalurahan Donokerto tersebut.

“Acara ini sejalan dengan tema Hari Jadi Sleman 2023, Nyawiji Murakabi Sesarengan Mbangun Sleman,” katanya saat memberikan sambutan.

Kustini menilai Kirab dan Gelar Potensi Budaya Kalurahan Donokerto mampu menyatukan kebersamaan  dalam membangun kerukunan warga Sleman, khususnya di Donokerto.

“Harapan saya dengan kegiatan ini dapat semakin mengguyubkan masyarakat Donokerto dan sekitarnya. Dengan pelaksanaan Kirab yang meriah ini, semoga sekaligus menjadi penyemangat kita bersama untuk sesarengan mbangun Sleman,” ujar Kustini.

Secara khusus Kustini mengapresiasi keterlibatan generasi muda dalam acara tersebut. Sebab, hal itu menurutnya menjadi salah satu wujud pelestarian budaya. Kustini juga mengimbau, agar pelaksanaan kegiatan pelestarian budaya dapat terus digencarkan.

Sementara itu, Lurah Donokerto, R Waluyo Jati, menyampaikan bahwa Kirab dan Gelar Potensi Budaya dilaksanakan mulai 14-24 Juni 2023. Kegiatan diisi dengan senam bersama, jalan sehat, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan. Tidak ketinggalan, pameran bazar UMKM juga disuguhkan dalam perayaan Hari Jadi Donokerto.

“Sebagai upaya pelestarian budaya, kami juga telah menyelenggarakan pentas seni jathilan dan penampilan tari tradisional. Kami harap dengan peringatan Hari Jadi ke-75 ini dapat menumbuhkan perasaan handarbeni atau perasaan saling memiliki di antara warga Donokerto,” jelasnya.

R Waluyo Jati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sleman dan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan puncak peringatan Hari Jadi Donokerto. Ia pun berharap, agenda tersebut dapat kembali dilaksanakan di tahun depan dengan lebih sukses. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com