KKN Alternatif 1 UP45  Gelar Sosialisasi Parenting untuk Ibu-Ibu PKK Mojosari Baturetno

RR. Putri Ana Nurani, S.S.,M.M saat menyampaikan materi dalam sosialisasi parenting di hadapan Ibu-Ibu PKK Mojosari di Mushola Abdur Rochim Dusun Kalangan Desa Baturetno Kecamatan Banguntapan Bantul, Minggu (20/08/2023).Foto: ist
RR. Putri Ana Nurani, S.S.,M.M saat menyampaikan materi dalam sosialisasi parenting di hadapan Ibu-Ibu PKK Mojosari di Mushola Abdur Rochim Dusun Kalangan Desa Baturetno Kecamatan Banguntapan Bantul, Minggu (20/08/2023).Foto: ist

BANTUL–  menyelenggarakan Sosialisasi Parenting untuk Ibu-Ibu PKK Mojosari Dusun Kalangan Desa Baturetno Kecamatan Banguntapan Bantul, mengikuti sosialisasi Parenting  yang diselenhggarakan Mahasiswa Kuluah Kerja Nyata (KKN)  Alternatif 1 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45), pada Minggu (20/08/2023).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Mushola Abdur Rochim dukun setempat tersebut mengusung tema “Menjaga Karakter Anak di Era Globalisasi”.

Sosialisasi menghadirkan narasumber dosen Universitas Proklamasi 45 RR. Putri Ana Nurani, S.S.,M.M sebagai pemerhati dunia anak.

Penanggung Jawab Acara Sapta Adyta Munawar mengatakan Sosialisasi yang dilangsungkan pukul 09.00-11.30 wib tersebut dihadiri Ketua PKK RT 01 beserta para anggotanya.

“Sosialisasi parenting ini diselenggarakan guna membantu ibu – ibu PKK dalam memahami pengasuhan anak yang baik, membangun keluarga yang sehat, mencegah masalah perilaku anak, serta memperkuat hubungan orangtua dengan anak,” ungkap Sapta.

Ia berharap, Sosialisasi Parenting  bisa menjadi bekal ibu-ibu PKK Mojosari dalam menghadapi tantangan modern serta untuk berkontribusi pada perkembangan positif anak pada generasi saat ini.

“Selain itu juga diharapkan bisa memberikan pengetahuan serta ketrampilan yang di perlukan dalam mengasuh anak secara efektif,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KKN Alternatif 1 Bayu Adi Nugroho dalam sambutannya mengatakan di era globalisasi sekarang ini, sangat penting untuk memantau gerak gerik anak, terlebih lagi dalam masalah sosial media dengan media handphone.

“Perlu diketahui rata-rata anak jaman sekarang lebih memilih bersama HP daripada bersama orang tua. Hal ini menjadi sebab pentingnya menjaga dan mendidik anak agar tidak salah dalam bergaul dan mencari, memproses serta memberikan informasi,” ujarnya.

“Jangan sampai kita semua kalah dengan HP yang selalu di perhatikan berlebihan oleh anak kita,” imbuh Bayu.

Dalam kesempatan tersebut Bayu juga menyampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing lapangan KKN Alternatif 1 UP 45, Drs. Bambang Sugeng,M.M. Ia juga berterimakasih kepada Ketua RT 01 Sudarmono, Ketua dan Pengurus PKK, DPL, KKN Alternatif 1, serta peserta yang hadir untuk mengikuti sosialisasi parenting.

Dalam uraiannya sebagai pemateri, Rr. Putri Ana Nurani,S.S.,M.M. mengungkapkan, menjaga karakter anak adalah tanggung jawab semua pihak.  Menurut Putri, diera globalisasi mau tidak mau kita harus bersinggungan dengan teknologi.

“Teknologi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan Seperti dua mata pisau, positif dan negative, tergantung bagaimana penggunaannya. Anak merupakan investasi masa depan, sehingga menjadi tanggung jawab orang tua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara untuk memastikan bahwa anak akan memiliki karakter manusia yang sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat,” tuturnya.

Putri memaparkan, pendidikan karakter pada anak harus diperkenalkan sejak dini, karena anak usia dini memiliki periode kritis atau yang sering disebut dengan masa golden age.

Anak usia dini perlu distimulasi seluruh aspek perkembangan, agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik dari segi aspek nilai agama moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan perkembangan seni.

“Pendidikan pertama dan utama adalah orang tua atau keluarga, namun seiring perkembangan waktu anak membutuhkan stimulasi yang lebih, sehingga pendidikan bisa diberikan melalui bangku sekolah,” tutupnya (rd2)

Redaktur: Fefin

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com