Dorong Peningkatan Kualitas Layanan PAUD, Pemkab Sleman Berikan Penghargaan Apresiasi Ibu PAUD

Para Juara lomba Apresiasi Ibu PAUD Kapanewon dan Kalurahan dan Apresiasi Gugus PAUD Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2023 seusai menerima penghargaan dari Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (02/10/2023). Foto: Doc. Pokja IBU PAUD Kabupaten Sleman
Para Juara lomba Apresiasi Ibu PAUD Kapanewon dan Kalurahan dan Apresiasi Gugus PAUD Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2023 seusai menerima penghargaan dari Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (02/10/2023). Foto: Doc. Pokja IBU PAUD Kabupaten Sleman

SLEMAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman memberikan penghargaan kepada Ibu PAUD di tingkat Kapanewon dan Kalurahan yang memenangkan kejuaraan apresiasi Ibu PAUD Sleman 2023.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo  di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, pada Senin (02/10/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman memberikan apresiasi kepada Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atas andilnya dalam mewujudkan pelayanan berkualitas bagi anak usia dini di wilayah Sleman.

Ery menjelaskan, salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) adalah penyediaan pendidikan yang berkualitas. Target Agenda Pendidikan 2030 untuk PAUD adalah memastikan seluruh anak laki-laki dan perempuan memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan PAUD yang bermutu untuk menjamin kesiapan memasuki pendidikan dasar.

“Upaya untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas adalah Ibu PAUD” tutur Ery.

Menurut Ery, Keberadaan dan peran Ibu PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya.

Ibu PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayah masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

Dalam mendukung penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan serta mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas, Ibu PAUD diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal.

“Pentingnya kematangan 6 pondasi bagi anak usia dini sebelum masuk SD menjadi PR kita bersama, agar nantinya anak usia dini benar-benar mendapatkan hak serta kebutuhan esensialnya, Hal ini sejalan dengan Surat Edaran yang diterbitkan oleh Ditjen PAUD dasmen Nomor 0759/C/HK.04.01/2023 tentang Penguatan Transisi PAUD ke SD kelas Awal dalam rangka memenuhi hak anak atas kemampuan fondasinya,” ujarnya.

Ery menjelaskan, Tanggal 2-3 Agustus 2023 yang lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Apresiasi Ibu PAUD tingkat Kabupaten Sleman, dengan tujuan untuk melihat sejauh mana gerakan yang dilakukan oleh ibu PAUD baik di tingkat Kapanewon maupun kalurahan dalam upaya mewujudkan PAUD berkualitas serta dukungan transisi PAUD ke SD kelas awal yang menyenangkan di wilayahnya.

“Alhamdulillah, kami berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 17 Ibu PAUD Kapanewon dan 16 Ibu PAUD Kalurahan yang sudah mengikuti kegiatan Apresiasi ini dengan antusias dan penuh tanggungjawab. Kami salut dan bangga atas usaha dan partisipasi ibu-ibu semua, mulai dari penyusunan profil sampai tahap presentasi. Hasilnya semua bagus,” ungkapnya.

“Namun karena kami hanya bisa memberikan apresiasi kejuaraan bagi 3 peserta dengan nilai tertinggi, maka pada kesempatan ini akan kami berikan hadiah kejuaraan bagi 3 peserta Ibu PAUD Kapanewon dan 3 peserta Ibu PAUD Kalurahan,” sambung Ery.

Ia berharap, penghargaan yang diberikan menjadi motivasi bagi Ibu PAUD dan POkja Ibu PAUD untuk terus melakukan gerakan dalam upaya mendukung perkembangan PAUD di wilayah masing-masing.

“Hari ini kami juga menyampaikan hadiah kejuaraan kegiatan Apresiasi Gugus PAUD Tahun 2023 yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September lalu. Harapan kami Gugus PAUD ini bisa menjadi wadah bagi lembaga-lembaga PAUD baik formal dan nonformal untuk meningkatkan kualitas layanannya,” kata Ery.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan kepada Ibu PAUD ini selain sebagai apresiasi, juga diharapkan dapat menguatkan komitmen Ibu PAUD dalam mengedukasi orang tua tentang pentingnya pendidikan usia dini.

“Dengan penghargaan ini, juga diharapkan dapat menguatkan peran orang tua dalam proses pendidikan setiap anak, karena sejatinya keluarga merupakan sekolah anak yang utama dan pertama,” katanya.

Lebih lanjut, Kustini menyebut Pemkab Sleman terus berupaya untuk mendukung Kabupaten Sleman mengupayakan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan Sleman Layak Anak. Namun demikian, Ia menilai upaya tersebut memerlukan keterlibatan berbagai pihak sehingga dapat maksimal.

“Perlu diketahui bahwa Kabupaten Sleman terus berupaya untuk memfasilitasi pendidikan dan perkembangan setiap anak Sleman. Maka saya menghimbau Kepada Pokja Ibu PAUD untuk melibatkan Ibu PAUD dan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan PAUD yang berkualitas yang muaranya akan meningkatkan kualitas generasi Sleman,” pungkas Kustini.(rd2)

Redaktur: Fefin Dwi S

55 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com