Rabu, 27/11/2013 18:52 WIB | Dibaca: 1789 kali

Jalan Penghubung Desa Longsor, Warga harus Memutar 8Km


Kapolsek sedang melakukan pengecekan lokasi.

GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Semin dan sekitarnya mengakibatkan bencana tanah longsor. Jalan penghubung Dusun Purwo ke pusat desa Karangsari sepanjang kurang lebih 30 meter longsor, Selasa (26/11/2013) malam. Akibatnya warga harus memutar dengan jarak tempuh 8 kilo meter.

Kapolsek Semin, AKP Basuki mengatakan, sebelum longsor terjadi hujan deras mengguyur Kecamatan Semin. Ketika itu warga di pinggiran Kecamatan Semin memilih untuk tidak keluar rumah karena banyak jalan yang rawan terjadi longsor.

"Kami mendapatkan laporan ada tanah longsor baru pagi tadi (Rabu, 27/11/2013)," kata Basuki kepada wartawan, Rabu (27/11/2013) siang.

Mendapatkan laporan adanya tanah longsor pihak Kepolisian Polsek Semin berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengecekan lokasi. Bencana longsor tersebut menggerus jalan sepanjang kurang lebih 30 meter, penghubung Dusun Purwo ke pusat Desa Karangsari.

"Beruntung saat kejadian tidak ada warga yang melintas. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budi Harjo mengatakan, setelah dilakukan pendataan, kerugian materi mencapai Rp. 150 juta. "Akibat jalan penghubung longsor, warga harus memutar sejauh kurang lebih 8 kilo meter," tambahnya. (dit)
Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga