Minggu, 01/12/2013 15:14 WIB | Dibaca: 2400 kali

TBM Luru Ilmu, Gencarkan Budaya Membaca


Anak-anak tengah asyik membaca di TBM

BANTUL - Buku merupakan jendela informasi dunia. Menumbuhkan minat baca masyarakat dekade ini tidaklah mudah, apalagi di daerah-daerah pedesaan.
Pimpinan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Luru Ilmu, Syaiful Hadi memaparkan, taman bacaan yang dirintis sejak 2009 itu, semata-mata hanya untuk membantu masyarakat di semua kalangan supaya dapat mengakses informasi dengan mudah. Dengan bertambah informasi otomatis dapat merubah pola pikir masyarakat terutama di daerah pedesaan.
"Selain buku-buku dan koran, TBM juga sudah dipasang internet, semua gratis untuk masyarakat," paparnya kepada wartawan jogjakartanews.com, Minggu (01/12/2013).
Melalui usahanya itu, Syaiful 3 kali mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Selain itu, dia juga dinobatkan sebagai Tokoh Penggerak Baca Nasional olehPerpustakaan Nasional Jakarta.
"Tantangan yang terpenting sekarang adalah dapat mengubah pola pikir masyarakat, lewat budaya gemar membaca," pungkasnya di TBM Luru Ilmu, Sumbermulyo, Bantul.
Akan tetapi, Syaiful menilai minat baca masyarakat dirasa masih kurang, terutama untuk kalangan dewasa dan orang tua. Dari pantauan jogjakartanews.com, pengunjung TBM didominasi dari anak-anak sekolah dasar.
"Liburan dari pada nonton tv, enakan main d isini," ujar Fatoni (7), saat mengunjungi TBM bersama 5 temannya. (elo)

Redaktur: Azwar Ana

 

 


 





Baca Juga