Jumat, 20/12/2013 12:43 WIB | Dibaca: 1541 kali

Produksi Perikanan di DIY, Defisit


ilustrasi

YOGYAKARTA - Produksi perikanan baik tangkap laut maupun budidaya lokal di DIY ternyata belum mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat. Hal itu disebabkan penangkapan ikan laut serta pengelolaan budidaya ikan lokal belum optimal karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan DIY, Suwarman Partosuwiryo memaparkan, kebutuhan masyarakat Yogyakarta dalam mengonsumsi ikan sebesar 85.400 ton per tahun. "Sedangkan tingkat produksi perikanan di Yogykarta hanya mencapai 61.427 ton," paparnya saat ditemui di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan DIY, Jumat (20/12/2013).

Untuk itu, kata Suwarman, guna mencukupi kebutuhan konsumen, dinas perikanan harus mendatangkan ikan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Suwarman menambahkan, pihaknya akan mengushakan agar produksi perikanan di DIY bisa meningkat.

"Kami akan membangun Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto di Glagah Kulon Progo. Pelabuhan tersebut saat ini dalam tahap penyelesaian dan rencananya akan dibuka pada tahun 2014," jelasnya.

Selain itu, Dinas Perikanan DIY juga merencenakan akan membantu meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para nelayan dan pembudidaya ikan di DIY. Pihaknya juga berencana memberikan bantuan bibit ikan lokal seperti, nila, lele, gurami, udang galah, ikan hias, bawal dan patin, kepada pembudidaya. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga