Minggu, 19/01/2014 16:39 WIB | Dibaca: 1177 kali

Janaloka Tetapkan Ketua Baru Lewat Aklamasi


Musda Janaloka. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Paguyuban Dukuh se-Gunungkidul telah menetapkan ketua baru yakni Anjar Gunantoro, Kepala Dusun (Dukuh) Sawah, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang. Anjar menggantikan Sutiyono ketua Janaloka yang kini menjadi Kepala Desa Banyusoco, Playen.
Anjar Gunarto terpilih menjadi ketua Janaloka secara aklamasi (tanpa pungutan suara) dalam Musyawarah Daerah (Musda) II di Balai Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo yang dihadiri sebanyak 1200 dukuh, Sabtu (18/1/2014) kemarin.

Setelah terpilihnya Anjar sebagai ketua Janaloka, pihaknya menghimbau kepada seluruh dukuh untuk tidak melibatkan atribut Janaloka dalam menghadapi tahun politik ini. Jika dukuh ingin berpolitik jangan sampai mengatasnamakan Janaloka.

"Dukuh adalah kepanjangan tangan dari pemerintah, sehingga harus selalu membantu program-program yang digulirkan pemerintah. Tetapi jika program pemerintah tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat, juga akan dikritisi," ungkapnya ketika dihubungi wartawan, Minggu (19/1/2014) tadi.

Sementara itu, Sutiyono mengatakan, apa yang menjadi keseriusan ketua Janaloka baru menghimbau masyarakat tidak terjebak pada politik pragmatis. Ia juga mengapresiasi apa yang diungkapkan Anjar, terkait larangan dukuh mebawa Janaloka ke ranah politik.
"Dukuh jangan mudah dimanfaatkan oleh calon-calon legislator yang akan menghadapi Pemilu 9 April mendatang," tegasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga