Simulasi Pengpil, Polres Gunungkidul Lebih Terampil dari 2 Polres Lain


Simulasi Pengpil di komplek alun-alun Wonosari. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Simulasi pengamanan pemilu (pengpil) yang digelar Polres Gunungkidul berjalan dengan lancar, Rabu (26/2) siang. Bahkan keberhasilan dalam simulasi ini Polres Gunungkidul mampu mengguli Polres Bantul dan Polres Kulonprogo yang lebih dahulu menggelar simulasi pengpil.

Dir Sabhara Polda DIY, Kombes Pol Yulza Sulaiman mengatakan, hasil simulasi Pengpil di Polres Gunungkidul banyak kelibihan yang ditonjolkan dari pada dua Polres yang sudah dahulu menggelar simulasi Pengpil. Kelebihan itu antara lain saat iring-iringan kampanye ada warga yang menghadang, dapat diamankan dengan menggunakan beladiri polri.

"Padahal anggota membawa senpi, tapi tetap menggunakan beladiri Polri. Kemudian penyelsaiannya menggunakan borgol. Kalau di Polres lain ada yang menggunakan tali rafia," ungkapnya saat melakukan evaluasi usai simulasi pengpil di alun-alun Wonosari.

Dir Sabhara Polda DIY berharap, jajaran Kepolisian Polres Gunungkidul dapat mempertahankan keberhasilan simulasi Pengpil yang telah dilakukan. Supaya jika benar terjadi aksi unjuk rasa polisi dapat mengamankan aksi dengan tepat.

"Untuk kekurangan seperti polisi uniform dengan yang preman tidak nampak bersinergi dalam mengamankan warga yang berbuat rusuh. Itu harus dibenahi dan sering-sering melakukan latihan," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga