Selasa, 18/03/2014 11:49 WIB | Dibaca: 1148 kali

Latihan Membuat Dapur Umum di Pengungsian


Pelatihan pembuatan dapur umum. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Dapur umum sangat diperlukan di pengungsian jika terjadi bencana alam. Dengan itu Gunungkidul yang memiliki potensi bencana alam diberikan pelatihan pembuatan dapur umum oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY di gedung PDHI, Selasa (18/03/2014).

Kasi Logistik BPBD DIY, Agus Abdul Muhi mengatakan, sebagian wilayah Kabupaten Gunungkidul seperti di Kecamatan Nglipar, Gedangsari, Semin dan Wonosari berpotensi bencana longsor dan banjir. Supaya warga yang mengungsi tidak terlantar maka diperlukan dapur umum.

"Dapur umum penting dalam menangani pengungsi. Maka program ini untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat supaya jika terjadi bencana alam sudah siap untuk membuat dapur umum, tidak sekedar asal dapur darurat," jelasnya kepada wartawan.

Dalam kesenmpatan ini, kata Agus, karena dapur umum cukup vital untuk pengungsi maka pihaknya membentuk tim khusus. Tim tersebut akan mendapatkan peralatan dapur umum.

"Jadi kalau ada bencana di suatu daerah sudah ada relawan dapur umum, yang akan memfasilitasi pengungsi supaya tidak terlantar," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga