Kamis, 24/04/2014 12:11 WIB | Dibaca: 824 kali

BI Memusnahkan Milyaran Uang Tak Layak Edar


Kepala Operasional Mesin Pemusnahan Uang Tak Layak Edar memegang ULTE. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Untuk menjaga keseimbangan Uang Tak Layak Edar (ULE) di masyarakat, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY memusnahkan kurang lebih 500-an ribu lembar uang tak layak yang beredar di Yogyakarta. Berdasarkan data dari BI Kantor Perwakila DIY, tahun 2013, BI memusnahkan setidaknya 203 miliar UTLE per bulan. Untuk tahun 2014 ini mengalami penurunan, kisaran 115 miliar per bulan.

Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Arief Budi Santoso mengatakan, tingkat kelusuhan uang di Yogyakarta termasuk rendah. Alhasil, dari tahun ke tahun mengalami penurunan jumlah UTLE yang dimusnahkan. "Daerah yang tingkat kelusuhan uangnya paling tinggi ada di daerah pesisir. Sedangkan untuk di Yogyakarta sendiri masih baik," kata Arief kepada wartawan.

Arief menuturkan, hal tersebut tergantung pada sikap masyarakat dalam memperlakukan uang. Menurutnya, masyarakat harus bisa menjaga uang mereka yang dimiliki. "Ada uang yang distepeler dan ada coretannya itu sudah merupakan uang tak layak edar atau UTLE," tutur Arief.

Arief menambahkan, masyarakat bisa menukarkan uang yang dimiliki ke BI berapapun jumlah nominalnya. BI Kantor Perwakilan DIY melayani penukaran uang dari masyarakat setiap hari Senin hingga Kamis. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 



Terpopuler


Baca Juga