Rabu, 14/05/2014 17:46 WIB | Dibaca: 1526 kali

Proses Revitalisasi Keraton Yogyakarta Dimulai Mei ini


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Proses revitalisasi komplesk Keraton Yogyakarta akan segera dimulai. Hari ini, Rabu (14/5/2014) pihak keraton beserta pihak terkait mengadakan kenduri revitalisasi di Keraton Yogyakarta.

Pengageng Keraton Yogyakarta, KGPH Haryo Winoto mengatakan, revitalisasi yang dilakukan bertujuan untuk menjaga nilai-nilai budaya dari percampuran budaya lain. "Selain itu untuk menjaga nilai filosofinya," katanya dalam sambutan.

Proses revitalisasi akan dilakukan mulai dari Alun-alun Utara. Kemudian ke bagian Keraton Yogyakarta yang lain, seperti Tamansari, sisi timur dan barat keraton, Alun-alun Selatan, Pakualaman, dan juga Kotagede.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM DIY, Rani Sjamsinarsi yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, revitalisasi Alun-alun Utara nantinya agara bisa memberikan para pedagang kali lima untuk berjualan. Sejauh ini, ada sekitar 350 pedagang yang terdata.

"Supaya nilai ruang ini kembali," ujarnya. Ia menambahkan jika proses kontrak dengan pemenang tender sudah dilakukan pada 12 Mei lalu.

Sekretaris Forum Komunitas, Krisnadi Setiawan menambahkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pedagang di sekitar alun-alun utara. "Yang penting tetap diperbolehkan mencari nafkah," ujarnya.

Adapun proses revitalisasi alun-alun utara akan dilalukan mulai bulan Mei hingga akhir tahun 2014 dengan anggaran 1,3 miliar. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 



Terpopuler


Baca Juga