Kamis, 12/06/2014 23:08 WIB | Dibaca: 822 kali

Target Perolehan Pajak di DIY Belum Optimal


Kantor Wilayah Direktoral Pajak DIY. Foto/istimewa

YOGYAKARTA - Target perolehan pajak pada tahun 2014 belum maksimal. Perolehan tersebut bahkan belum mencapai separuh dari target. Hal itu menjadi indikasi bahwa masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta masih malas membayar pajak.

Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jendral Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta, Budi Gunawan Bastari mengatakan, pada thaun 2014 ini perolehan pajak di DIY sebesar 1,20 Trilyun. Sementara target perolehan pajak sebesar 3,6 Trilyun. "Kira-kira 38,05 persen dan itu sampai Juni," ujarnya saat Media Gathering, Kamis (12/06/2014).

Gunawan menambahkan, kendala dari perolehan tersebut paling dominan di sektor orang pribadi dan pengusaha pribadi. Kepdulian masyarakat untuk membayar pajak diakui Gunawan masih sangat minim. Hal itu dilihat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuat NPWP.

Sejauh ini, Kanwil DJP DIY terus melakukan evaluasi program untuk meningkatkan hasil perolehan pajak. Tak segan-segan, pihak Direkotrat Jendral Pajak melakukan usaha jemput bola kepada masyarakat yang enggak membayar pajak. "Biasanya ada pengusaha yang sudah beromset tetapi tidak mau membuat NPWP. Nah yang kayak gitu kita datangi," jelasnya.

Bahkan DJP DIY mencetuskan program terbarunya yaitu dengan mensosialisasikan Clengan Pajak. Gunawan menjelaskan, Celengan Pajak ini adalah usaha yang bisa dilakukan masyarakt untuk menyisihkan pendapatan sebanyak 1% dalam sehari untuk membayar pajak.  "Diharapkan dengan ini, masyarakat tidak terbebani dalam membayar pajak," pungkasnya. (war)
Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga