Minggu, 17/08/2014 13:53 WIB | Dibaca: 1866 kali

Sri Sultan HB X Irup HUT RI ke-69 di Gedung Agung


doc.jogjakartanews.com

YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Gedung Agung (istana keprisedenan) Yogyakarta, Minggu (17/08/2014).

Upacara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB ini dengan Komandan Upacara Letkol Infantri Samuel Jaferson Aling yang juga menjabat Komandan Kodim/0731 Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tata cara upacara peringatan HUT RI ke-69 ini mengikuti standar nasional.

Upacara diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, pramuka serta tamu undangan dari berbagai pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, dan para veteran di Yogyakarta.

Upacara diawali bunyi sirine detik-detik proklamasi. Sementara teks Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana.

Pasukan pengibar bendera sebanyak 38 siswa terdiri dari 19 siswa putra dan 19 putri yang sebelumnya sudah melalui seleksi dari seluruh SMA berprestasi se-DIY, dan mendapatkan pelatihan dari para instruktur dari jajaran TNI dan Polri.

Untuk pembacaan doa oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY Maskul Haji.

Usai memimpin upacara Sultan mengucapkan selamat ulang tahun RI ke 69 dan berharap semangat kemerdekaan akan semakin menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa untuk menyongsong Indonesia yang lebih baik ke depan. (ian/kontributor)

Redaktur: Rudi F

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga