Senin, 27/10/2014 06:57 WIB | Dibaca: 3496 kali

Taruna Korps Marinir Serbu Pantai Tebul Madura


doc.AAL

SURABAYA- Sebanyak 19 Taruna AAL tingkat III Korps Marinir melaksanakan latihan Karkata Yudha 2014 yang berlangsung selama 8 hari (21 – 28 Oktober). Kegiatan dengan lokasi latihan Kolatarmatim dan pantai Tebul Bangkalan, kali ini melaksanakan sesi latihan pendaratan dan latihan pengoperasian perahu karet menggunakan motor temple, Sabtu (25/10).

Latihan pendaratan merupakan salah satu sesi latihan yang dilaksanakan para taruna korps marinir ini dengan menggunakan KRI Teluk Ende 517. Pelaksanaan dimulai dini hari sekitar pukul 03.00 latihan operasi Amfibi, para taruna marinir ini turun menggunakan jaring dari lambung KRI Teluk Ende 517 ke LCCV. Menjelang pukul 05.30 LCCV taruna korps marinir bergerak menuju sasaran yang sedang dikuasai musuh. Bekal ilmu dan teori pertempuran operasi Amfibi yang telah dipelajari para taruna membuat mereka mampu dengan cepat dan tangkas mencapai sasaran penyerbuan. Bagaikan “Antasena” yang dengan cekatannya menyerbu dan menghancurkan musuh yang tak berkutik menahan serangan taruna korps “keris” ini.

Sementara itu pada sesi selanjutnya, ke-19 taruna ini melaksanakan kegiatan pengenalan dan praktek mengoperasikan perahu karet dengan menggunakan motor tempel (mopel). Praktek ini merupakan salah satu syarat bagi taruna korps marinir dalam melaksanakan latihan operasi amfibi, karena setiap taruna harus mampu dan memahami sarana untuk menuju sasaran baik menggunakan kendaraan amfibi maupun dengan perahu karet dengan cara didayung atau menggunakan motor tempel. 

Latihan dan praktik Karkata Yudha merupakan latihan rutin tahunan bagi Taruna AAL Korps Marinir yang bertujuan membekali para Taruna dengan kemampuan dan keterampilan kepemimpinan lapangan dalam melaksanakan taktik pendaratan Operasi Amfibi dan Raid Amfibi. Sehingga dalam lattek tersebut, para Taruna belajar dan mempraktikkan berbagai taktik dan teknik Operasi Amfibi seperti taktik Serbuan Amfibi dan Raid Amfibi.

Keberhasilan latihan ini diharapkan sesuai dengan harapan komandan latihan Karkatayudha 2014 Mayor Mar Imam Syafii yang dalam suatu kesempatan menyampaikan bahwa kegiatan Karkatayudha merupakan latihan praktek taruna korps marinir tingkat III setelah mempelajari teorinya di Kampus AAL. Demikian keterangan resmi yang diterima jogjakartanews.com Minggu (26/10/2014) dari penerangan AAL. (ian/kontributor)

 

Redaktur : Aristianto


 





Baca Juga