Jumat, 12/06/2015 19:46 WIB | Dibaca: 2852 kali

Pesan Ibu Asuh Kepada Taruna AAL Tingkat IV: Jagalah Etika


Ibu Asuh Taruna AAL, Ny Nunik saat memberikan pembekalan. Foto: doc/aal.

SURABAYA -  Keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan di Akademi Angkatan Laut dengan baik merupakan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita semua. Demikian disampaikan Ibu Asuh Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Nunik Guntur dalam Pembekalan kepada 99 Taruna (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-60 yang dilaksanakan di Auditorium Mandalika,  AAL, Bumimoro , Surabaya, Jumat (12/06/2015).

Sebagai calon perwira dan pemimpin TNI AL dimasa mendatang tempaan dan gemblengan yang telah berhasil dijalani selama pendidikan, merupakan sebuah perjalanan panjang yang penuh suka duka untuk menjadi prajurit matra laut sejati. Ini merupakan proses menuju kedewasaan cara berpikir, bersikap dan bertindak. “Jangan bangga dengan pangkat dan jabatan yang kalian peroleh, banggalah jika kalian bisa menjalankan amanah dengan baik,” ujar Nunik sebagaimana ditulis dalam rilis AAL kepada Jogjakartanews.com.

Lebih lanjut, dalam pembekalannya Ibu Asuh Taruna menyampaikan agar jangan malas untuk menimba Ilmu Pengetahuan karena keberhasilan karir yang akan diraih nanti tidak akan datang dengan sendirinya tapi diraih dengan kerja keras. "Tataplah masa depan dengan penuh semangat, berikan yang terbaik dalam setiap pelaksanaan tugas. Tunjukan dedikasi dan prestasi serta loyalitas kepada organisasi dengan pengabdian terbaik," kata Nunik seraya memotivasi.

Ia juga mengungkapkan agar para Taruna menjaga hubungan baik antar perwira senior dan yunior sesuai dengan pola pengasuhan Taruna yang telah dilaksanakan dengan metode asah among dan asuh. Sebagai perwira yang akan memimpin anak buah nantinya, bimbinglah anak buah dengan penuh tanggung jawab. “Janganlah menjadi pemimpin yang ditakuti tetapi jadilah pemimpin yang disegani, dicintai dan dibanggakan anak buah,” tegas Ibu Asuh yang biasa disapa Nyi Nunik itu.

“Pelihara etika moral selama berdinas dan bergaul dalam masyarakat. Setelah lulus nanti, sebagai seorang perwira remaja, tetaplah menjaga etika di dalam kehidupan sehari-hari. Selalu tanamkan motto Hree Dharma Shanty yang berarti malu berbuat cela dan selalu berdoa agar langkah kalian dilancarkan oleh Tuhan YME,” tutup Ketua Jalasenastri Cabang BS AAL itu.

Usai pembekalan, acara dilanjutkan dengan peragaan busana ibu-ibu anggota Jalasenastri Cabang BS AAL, yang memperagakan berbagai busana atau pakaian seragam, seperti Pakaian Seragam Kerja Harian, dan busana kebaya untuk menghadiri undangan pernikahan atau pedang pura. Hal ini juga sebagai bentuk pembekalan kepada para Calon Perwira Remaja, karena kelak istri mereka akan menjadi anggota Jalasenastri.

Disamping peragaan busana Ibu Asuh Taruna juga merayakan hari ulang tahun Taruna tingkat IV yang jatuh pada bulan Mei dan Juni. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. Turut hadir dalam pembekalan tersebut Komandan Resimen AAL Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, Pejabat Resimen AAL dan pengurus Jalasenastri Cabang BS AAL. (pr)

Redaktur: Aristianto Z


 



Terpopuler


Baca Juga