Selasa, 30/06/2015 13:55 WIB | Dibaca: 1080 kali

Sebelum Terjun Ke Masyarakat, Calon Babinsa Diuji


Calon Babinsa Mengikuti Ujian Sebelum Terjun ke Masyarakat. Foto: doc/Penrem

YOGYAKARTA - Sedikitnya 84 orang Prajurit Calon Pembina Desa (Babinsa) melaksanakan ujian di Gedung Serbaguna Makorem, Korem 072/Pamungkas, Selasa (30/06/15). Ujian tersebut sebagai pra syarat Babinsa sebelum diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat.

Menurut Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas (Kapenrem), Mayor.Inf. Munasik, kegiatan ini merupakan kegiatan program Korem 072/Pmk secara Protap (Prodsedur Tetap). Dikatakan Kapenrem kegiatan bertujuan agar Babinsa yang akan diterjunkan di tengah-tengah masyarakat nantinya bisa membantu masyarakat sesuai tugas pokok TNI-AD secara umum kususnya tugas Satuan Komando Teritorial kewilayahan tempat bertugas.

“Oleh karenanya, sebelum diterjunkan ke masyarakat para Babinsa, terlebih dahulu diberikan pembekalan,” tutur Mayor Munasik.

Diungkapkan Mayor Munasik, Para calon Babinsa tersebut mendapatkan bimbingan dan arahan serta materi-materi sesuai dengan tugas pokok selaku Babinsa di wilayahnya.

Tujuh materi sebagai bekal pokok pelaksanaan tugas Babinsa tersebut antara lain bidang intelijen, bidang latihan, bidang personel, logistik, teritorial, hukum, jurnalistik, dan bidang sekretariat umum.

“Sebelumnya materi ini diberikan terlebih dahulu, hal ini secara terprogram diberikan mengingat Babinsa merupakan mata dan telinga satuan Komando kewilayahan TNI-AD,” ungkap Kapenrem 072/Pamungkas.

Diharapkan, dengan bekal ujian inilah diharapkan Babinsa bisa membantu meningkatkan pertumbuhan sosial dan ekonomi masyarakat binaannya dan tentunya tidak menyimpang dari tugas pokok TNI-AD itu sendiri.

“Harapannya agar keberadaan Babinsa di tengah-tengah masyarakat bisa secara langsung di rasakan  berguna bagi masyarakat di wilayahnya,dengan begitu akan terwujud kemanunggalan TNI dengan rakyat secara nyata,” pungkasnya. (penrem/072).

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga