Meski Terjadi Lonjakan Penumpang, Penumpang KA Prameks Porwokerto Justru Menurun


ilustrasi. Foto: doc/Ist

PURWOKERT0 - Kenaikan angka penumpang kereta api pada musim mudik 2015 ternyata tidak berlaku bagi kereta api Prameks dari dan ke Purwokerto. PT KAI Daop V Purwokerta mencatat penurunan penumpang pada musim mudik kali ini mencapai 13 persen. Hal itu sebagaimana diungkap Corporate Communcation Manager PT KAI Daop V Purwokerto, Surono, Jumat (31/07/2015)

Menurutnya, pada musim lebaran tahun lalu penumpang KA Lokal Pramek mencapai 22.785 penumpang. Sementara pada musim lebaran tahun ini hanya sebanyak 19.787 penumpang. Penurunan ini, menurut Surono dikarenakan kapasitas kereta api yang kecil dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tahun lalu rangkaian KA Prameks masih menggunakan rangkaian lama (non AC) yang kapasitasnya mencapai 800 penumpang. Pada lebaran tahun ini digunakan rangkaian KRDE baru yang dilengkapi AC, dengan kapasitas hanya 450 penumpang," terang Surono.

Dibandingkan dengan voume penumpang di jalur lainnya di Purwokerto, menurut Surono kondisi ini berbanding jauh. PT KAI Daop V Purwokerto pada musim lebaran ini untuk seluruh rute mencatat kenaikan penumpang sebesar 22 persen. (ning)

Redaktur: Herman Wahyudi


 





Baca Juga