Sabtu, 01/08/2015 14:56 WIB | Dibaca: 757 kali

Ingin Tahu Secara Detil Skandal FIFA? Sebaiknya Kunjungi Museum Ini


The Mob Museum. Foto: doc/TheMobMuseum

LAS VEGAS – Jika anda tidak mengerti bagaimana sebenarnya skandal korupsi FIFA yang menghebohkan dunia itu begitu terorganisir dilakukan hingga bertahun-tahun lamanya, anda mungkin perlu mengunjungi museum ini untuk mengetahuinya.

Adalah Museum Mob di Las Vegas, museum yang menampilkan aneka koleksi kejahata mafia di dunia itu kini akan memamerkan skandal korupsi FIFA. Alasan dari pameran sakandal Asosiasi Sepakbola dunia itu dilatari oleh fakta bahwa skandal FIFA menjadi salah satu dari tindak kejahatan yang dianggap setara dengan kejahatan terorganisi lainnya di dunia. Skandal FIFA bahkan disebut telah menciptakan krisis terburuk dalam sejarah perjalanan FIFA selama lebih dari satu abad berdiri.

“Pameran FIFA ini akan memberikan rincian suap, semua bentuk kerahasiaan dan match fixing pertandingan yang berkaitan dengan skandal,” jelas pihak museum sebagaimana ditulis Reuters.

Dikatakan, Museum Mob akan menampilkan sejumlah foto, artikel berita dan narasi asli bernama “The ‘Beautiful Game’ Turn Ugly” yang dimulai pada bulan September mendatang. Semua itu disajikan dalam sudut pandang yang tajam dan membuka mata hati terkait kekejaman skandal FIFA yang menjadi malapetaka bagi dunia sepakbola.

Pengunjung akan disuguhkan berbagai bentuk kejahatan terorganisir. Selain seputar skandal FIFA, juga akan dipamerkan kasus penyadapan pada era John F. Kennedy, dinding bata penyerap peluru tujuh mafia pada peristiwa pembantaian hari Valentine tahun 1929 di Chicago, serta pakaian yang dikenakan tokoh fiksi bos mafia Tony Soprano. (sya)

Redaktur: Syarifuddin

 


 





Baca Juga