Kamis, 06/08/2015 13:59 WIB | Dibaca: 1971 kali

Taruna AAL Kunjungi Kapal Perang USS Fort Worth


Taruna AAL saat mengunjungi Kapal Perang USS Forth Worth. foto: doc/aal

SURABAYA – 144 taruna AAL tingkat IV dan II kunjungi USS Forth Worth, kapal perang berbendera Amerika Serikat yang sandar di dermaga Jamrud Utara kade meter 880-984 Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (06/08/2015). 144 taruna yang terdiri dari 38 taruna tingkat IV korps pelaut dan 106 taruna tingkat II yang baru saja masuk ke AAL setelah mengikuti pendidikan integrasi di Akmil Magelang.

Dalam rilis AAL kepada jogjakartanews.com, Kunjungan ke kapal perang jenis kombatan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengenalan kapal perang bagi taruna tingkat II. Sedangkan bagi taruna tingkat IV korps pelaut, kunjungan tersebut sebagai bentuk menambah wawasan pengetahuan akan kapal perang Negara lain.

Dalam kesempatan itu, para taruna mempelajari dan mengenali bagian – bagian kapal mulai dari anjungan hingga buritan, pusat pengendali senjata dan pusat informasi tempur, selain  juga kamar mesin hingga logistik kapal.

Kapal perang yang dikomandani Commander Christopher A. Brown mengaku sangat bangga menerima kunjungan taruna AAL. “Ini merupakan momentum yang luar biasa atas kunjungan para kadet Angkatan Laut Indonesia”, ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan AAL Kolonel Laut (P) Aria Cakra Birawa dan Kaopsjar AAL Kolonel Mar Suharto yang mendampingi para taruna berharap agar program seperti ini dapat berlanjut terutama jika ada kapal perang Negara lain yang berkunjung ke Indonesia.

“Tujuannya agar para taruna dapat bertambah wawasannya tentang kapal perang Negara lain yang tentu memiliki teknologi yang berbeda”, tandas mantan Dan Satkor Koarmatim ini.

Kapal dengan LOA (Lenght Over All) 104 meter dan berat 3.230 GT ini direncanakan sandar sampai Kamis hari ini dan langsung bertolak untuk mengikuti CARAT (latihan bersama TNI AL) dan direncanakan akan kembali lagi ke Surabaya pada hari Minggu (09/08/2015) akhir pekan ini. (pr)

Redaktur: Aristianto Z.

 


 





Baca Juga