Aneh, Dua Gadis Diperkosa Atas Nama Hukum Adat Akibat Kesalahan Sang Kakak


ilustrasi. foto: doc/ist

BAGPHAT - Sungguh malang nasib yang dialami dua gadis India bersaudara ini. Meski tidak memiliki masalah hukum apapun, kedua gadis ini harus rela "dihukum" oleh dewan desa dengan cara yang bahkan sangat tidak manusiawi, diperkosa. Mereka adalah Meenakshi Kumari (23) dan adiknya yang masih berusia tidak lebih dari 15 tahun.

Kejadian memilukan itu diterima mereka sebenarnya karena masalah kakak mereka, Ravi yang membawa kabur perempuan yang berstatus istri orang dari kalangan kasta Jat yang termasuk kasta 'terpandang' di India. Sementara Ravi sendiri hanya dari kalangan kasta Dalit yang lebih rendah derajatnhuya. Atas perbuatan Ravi itu Dewan Desa menghukum dua adik perempuan Ravi sebagai gantinya sebab Ravi tidak pernah kembali lagi ke Desa dimana adiknya tinggal.

Tidak hanya diperkosa, kedua gadis malang itu bahkan diarak keliling desa dalam kondisi telanjang dengan tubuh dan wajah yang hitam kusam.

Dewan Desa sendiri menurut keterangan keluarga korban, Sumir Kumar terlalu didominasi oleh kalangan dari kasta Jat. Apa yang menjadi keinginan dari kasta Jat selalu menjadi keputusan terakhir.

"Jat jadi keputusan terakhir," pungkas Sumir seperti dikutip Daily Mirror.

Atas tindakan Dewan Desa tersebut, korban dan juga ayahnya masing-masing telah mengadukan peristiwa tersebut kepada pihak berwenang di India.

Peristiwa memilikukan itu juga tidak luput dari perhatian dunia internasional termasuk dari Amnesty Internasional. Amnesti bahkan meluncurkan pettisi yang menyerukan otoritas di India turut campur tangan.

"Tidak ada yang bisa membenarkan hukuman menjijikkan ini. Ini tidak adil. Ini tidak benar. Dan ini melanggar hukum,” kecam Amnesty. (m)

Redaktur: Herman Wahyudi


 





Baca Juga