Fadli Zon Desak Pemerintah Tetapkan Bencana Asap Menjadi Bencana Nasional


Fadli Zon. Foto: Doc.jogjakartanews.com

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendesak pemerintah untuk menetapkan bencana asap yang saat ini tengah melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan, sebagai bencana nasional.

"Pemerintah harus menetapkan bencana asap sebagai bencana nasional. Hal ini penting agar segera dilakukan langkah-langkah yang lebih serius dalam mengatasinya,"  ujar Fadli Zon yang tengah mengunjungi wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dalam keterangan pers yang diterima jogjakartanews.com, Sabtu (10/10/2015)

Menurut Fadli Zon, warga sudah sangat menderita akibat asap ini. Dia merasakan jarak pandang saat berkunjung hanya 50m saja. Yang paling parah, kata Fadli Zon,  adalah kabupaten Pulang Pisau, sehingga akifitas dan kegiatan masyarakat semuanya tergaggu.

"Aparat di lapangan sudah bekerja keras,namun api masih sulit dipandangkan karena berada di lahan gambut. Butuh air yang banyak untuk memadamkan sumber api. Pemerintah pusat harus meningkatkan perhatiannya dalam mengatasi hal ini. Ini menyangkut nyawa manusia dan tanggung jawab negara untuk menciptakan lingkungan yang sehat bagi warga negaranya," tukas Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini.

Masih menurut Fadli Zon, situasi di lapangan sudah sangat darurat. Penetapan sebagai bencana nasional menurutnya harus disegerakan, sebab itu menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani bencana asap.

“Dengan demikian, anggaran dan usaha yang diterjunkan pun bisa maksimal. Penanganan yang tidak serius membuat masalah situasi semakin parah dan meresahkan negara tetangga," pungkasnya. (pr/has)

Redaktur: Rizal

 


 





Baca Juga