Jumat, 23/10/2015 17:00 WIB | Dibaca: 1467 kali

Kolinlamil Buka Posko Darurat Bencana Asap


Kolinlamil buka Posko darurat bencana asap. Foto:doc/Kolinlamil

JAKARTA -  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), mendukung Satuan Tugas (Satgas) Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah,  dengan  membuka Posko Bahaya Darurat Asap di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (23/10).

Kolinlamil sebagai salah satu Kotama operasi TNI Angkatan Laut dalam menyiapkan posko tersebut, menyiagakan sembilan kapal perang baik dari Satlinlamil Jakarta dan Surabaya. Dari sembilan kapal perang tersebut diantaranya, KRI Teluk Amboina-503, KRI Banda Aceh-593, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Manado-537, KRI Teluk Hading-538, KRI Teluk Ratai-509, KRI Teluk Bone-511, KRI Mentawai-959 dan KRI Karimata-960.

“Kapal-kapal tersebut sebagai angkutan laut militer yang siap beroperasi melaksanakan pergeseran baik personil, material dan bantuan bahan makanan ataupun pakaian dan lainnya guna membantu bagi masyarakat Sumatera Selatan, Palangkaraya dan Banjarmasin yang terkena dampak dari bencana kebakaran hutan,” kata Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos, dalam keterangan pers resmi yang diterima jogjakartanews.com Jumat (23/10/2015).

Menurut Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, S.E., Posko ini untuk mendukung Satgas Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan dengan menyiapkan tempat untuk mengumpulkan bantuan material dan logistik berupa bahan kontak, bahan makanan dan obat-obatan dari Kemenkes dan Kemensos serta TNI / POLRI.

“Semua akan dikirim melalui unsur laut yang selalu siap untuk bergerak setiap saat.  Selain itu juga Satgas Laut mengantisipasi kemungkinan evakuasi penyelamatan jika terjadi hal-hal yang bersifat membahayakan keselamatan,” ujarnya.

Asops Pangkolinlamil menjelaskan, selama mendukung bencana asap ini, Kolinlamil menyediakan posko berupa ruangan khusus di Staf Operasi (Sops) Kolinlamil, Jalan Raya Pelabuhan Pos IX, Tanjung Priok dengan menempatkan personil yang siaga 24 jam dan dihubungi di nomor telepon (021) 4301495.          

Sekadar informasi, Kolinlamil adalah Kotama operasi yang dalam bidang pembinaan Kolinlamil berkedudukan langsung di bawah Kasal, sedangkan dalam bidang operasional berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI. Kolinlamil mempunyai tugas pokok membina kemampuan sistem angkutan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut TNI dan Polri yang meliputi personil, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional. (pr*)

Redaktur: Rizal

*Pers Rilis resmi Dispen Kolinlamil


 





Baca Juga