Selasa, 15/03/2016 15:04 WIB | Dibaca: 1627 kali

Dukung Pemberantasan Narkoba, Ratusan Taruna AAL Jalani Tes Urine


Taruna AAL jalani tes urine. Foto:doc.pen AAL

SURABAYA – Meskipun sudah dinyatakan bebas narkoba Akademi Angkatan Laut (AAL) mengadakan  tes urine kepada 272 Taruna dan Taruni AAL di Rumkital drg. M.Nainggolan, AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (14/03/2016) kemarin.Pemreriksaan dilakukaan  mendadak pada saat akan melaksanakan olah raga pagi pukul 04.30 WIB.            

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan AAL, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono, S.E menuturkan, Berdasarkan Skep KA BNNP Jawa Timur No. Kep/8/XI/2013/BNNP Jatim, tanggal 31 November 2013, lalu  Lingkungan Pendidikan  AAL dinyatakan bebas narkoba. Namun demikian , dikatakan Gubernur,  untuk mencegah Taruna AAL terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar, ia memerintahkan diadakan pemeriksaan mendadak.

“Pemeriksaan urine ini juga akan dilaksanakan terhadap seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS AAL dalam waktu dekat ini,” tutur Gubernur AAL, sebagaimana dikutip dari pers rilis resmi yang diterima redaksi, Selasa (15/03/2016).

Diinformasikan, pelaksanaan tes urine ini berada dibawah pengawasan ketat dari Kasubditkes Ditpers AAL Letkol Laut (K)  dr. Danny Danan Djaja, M.Kes., M.Ars. dan Karumkit drg. M. Nainggolan Mayor Laut (K) drg. Andri Yuliprasetyo, M.Kes, personel Provost dan Intelijen Denma AAL.  Taruna yang mengikuti tes urine terdiri dari: Taruna tingkat IV angkatan ke-61 sebanyak 90 Taruna, Taruna tingkat III sebanyak 67 Taruna dan 10 Taruni, sedangkan Taruna tingkat II sebanyak 94 Taruna dan 11 Taruni yang mengikuti tes urine. Sebanyak 20 Taruna tingkat III Korps Marinir belum tes urine karena masih mengikuti Dikko Marinir di Banyuwangi dan Situbondo.

“Kegiatan tes urine ini, selain merupakan program dari TNI untuk mencegah personelnya terlibat narkoba, juga merupakan bentuk dukungan TNI kepada BNN sebagai badan yang khusus menangani bidang  pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” pungkas Gubernur AAL. (pr*)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga