Minggu, 22/05/2016 22:21 WIB | Dibaca: 1050 kali

Para Petinggi Negara dan Tokoh Nasional Bakal Gelar Konvensi di UMY


Presiden RI, Joko Widodo. Doc. ist

YOGYAKARTA – Para petinggi negara dan tokoh-tokoh nasional bakal hadir dalam Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan (KNIB) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bahkan  Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan bakal membuka acara tersebut Senin (23/05/2016) besok.

“Presiden dijadwalkan akan membuka KNIB di Sportodium UMY sekira pukul 14.00 WIB. Setelah menghadiri acara kenegaraan di Bandung,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol UMY, Ratih Herningtyas kepada wartawan, Minggu (22/05/2016).

Dijelaskan Ratih, KNIB akan digelar selama dua hari (23-24/05/2016merupakan acara diskusi yang menghadirkan tokoh nasional, pejabat, pakar, hingga akademisi. Sejumlah menteri seperti Anies Baswedan (Mendikbud), Pratikno (Mensesneg), dan Bambang Brodjonegoro (Menkeu) bakal mengisi acara tersebut.

Selain itu, Ratih menyebut sejumlah pejabat yang akan mengisi diskusi panel seperti Bupati Bojonegoro Suyoto; Walikota Bandung Ridwan Kamil; Walikota Surabaya Tri Rismahariani; Bupati Sorong Stefanus Malak; dan Bupati Batang Yoyok Riyosudibjo.

"Sesi pertama sebelum dibuka ada diskusi yang menghadirkan Pak Boediono (mantan Wapres), Zulkifli Hasan (Ketua MPR), Din Syamsudin, Taufik Abdullah, Malik Fadjar," katanya.

Megawati Soekarnoputri, kata dia, juga dijadwalkan untuk menjadi pembicara pada sesi pertama yang dimulai sekira pukul 08.00 WIB itu. Namun, Presiden RI ke lima itu belum memberi konfirmasi kehadiran.

"Beliau belum pasti akan hadir langsung atau perwakilan, kita hingga siang ini belum mendapat jawaban," jelasnya.

Ratih menjelaskan acara ini tak jauh berbeda dengan diskusi dalam memperingati momentum Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Kegiatan ini tak lepas dari peran Pimpinan Pusat Muhammadiayah serta Aisyiah.

"Kenapa konvensi, kok tidak diskusi, karena kegiatan yang baru pertama ini, akan dilakukan secara berkelanjutan," jelasnya.

KNIB, kata dia, digelar selama dua hari. Hari kedua pada Selasa, 24 Mei 2016 rencananya akan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada malam harinya.

“Namun, kepastian apakah akan hadir langsung juga belum bisa dipastikan,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Rudi F



 





Baca Juga