Senin, 30/05/2016 21:18 WIB | Dibaca: 923 kali

Segarkan Ingatan, 42 Mahasiswa STTAL Ikuti Program Matrikulasi


Wadan STTAL Kolonel Laut (E) I Nengah Putra menyalami peserta Matrikulasi. Foto: doc. STTAL

SURABAYA - Sebanyak 42 mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Angkatan ke-37 tahun 2016, mengikuti pendidikan matrikulasi selama satu bulan.  

Menurut Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Siswo H.S., S.T., M.MT. Matrikulasi adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau pengenalan kampus yang biasanya didapat oleh mahasiswa baru, yang sebelumnya pernah mengikuti pendidikan setingkat Akademi atau Diploma 3. Kegiatan matrikulasi diselenggarakan untuk menyegarkan kembali atau meningkatkan kembali ingatan para perwira mahasiswa tentang  materi pelajaran yang pernah diterima sebelumnya,

“Karena setelah sekian lama para perwira mahasiswa berdinas, ada beberapa hal yang telah terlupakan mengenai materi dasar bidang Iptek, baik itu materi Matematika, Fisika, Statistik maupun Komputer,” kata Komandan STTAL dalam sambutan tertulis  dalam pembukaan Program Matrikulasi yang dibacakan Wadan STTAL Kolonel Laut (E) I Nengah Putra A, S.T., M.Si (Han) di Gedung Pulau Nipah, STTAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (30/05/2016).

Selain materi pelajaran tersebut, kata Komandan STTAL, para perwira mahasiswa juga akan menerima materi pengetahuan dasar yang berkenaan dengan program studi masing-masing, baik pengetahuan dasar program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Manajemen Industri dan Teknik Hidrografi.

Selama mengikuti program matrikulasi,  para perwira mahasiswa akan menerima ceramah wawasan teknologi yang berhubungan dengan program studi masing-masing. Oleh karena itu, Komandan STTAL meminta agar seluruh perwira mahasiswa dapat mengikuti serta memperhatikan dengan sebaik-baiknya setiap materi pelajaran yang diberikan oleh dosen dengan harapan dapat bermanfaat bagi para perwira mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di STTAL nantinya.

“Ikuti serta perhatikan dengan sebaik-baiknya setiap materi pelajaran yang diberikan oleh dosen dengan harapan dapat bermanfaat bagi para perwira mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di STTAL nantinya. Manfaatkan waktu tersebut untuk dapat menambah wawasan dibidangnya masing-masing,” tegas Komandan STTAL.       

Dari ke-42 perwira mahasiswa tersebut terbagi dalam empat program studi, yaitu : Program studi Teknik Mesin sebanyak 11, Teknik Elektro tujuh orang, Teknik Manajemen Industri 14 dan Teknik Hidrografi 10.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretariat Lembaga (Setlem) STTAL colonel Laut (P) R. Bambang Ispri B, S.T., M.Si, Direktur Pasca Sarjana, Sarjana dan Diploma, para Kepala Departemen dan Kaprodi serta seluruh perwira STTAL. (pen/sttal)

Redaktur: Rudi F

Berita Terkait

 





Baca Juga