Jumat, 19/08/2016 20:29 WIB | Dibaca: 1546 kali

Dua Jabatan Panglima TNI AL Diserahterimakan di Kolinlamil


Upacara serah terima dua jabatan Panglima TNI AL di Kolinlamil. Foto: Pen.Kolinlamil

JAKARTA - Pergeseran mutasi kembali bergulir  di beberapa pejabat teras di lingkungan TNI Angkatan Laut. Jumat (19/08/2016), Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P memimpin Upacara Serah Terima Dua Jabatan Strategis TNI AL, yaitu Jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), dan jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), yang berlangsung di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Serah terima ke dua jabatan tersebut, yaitu jabatan Pangarmabar diserahterimakan dari Laksda TNI Siwi Sukma Adji, S.E. kepada Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos., selanjutnya Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji, S.E. yang lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan XXX tahun 1985 ini, dipromosikan menjabat Asisten Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrenum) Panglima TNI. Sedangkan Pangarmabar yang baru Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. sebelumnya menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Sedangkan jabatan Pangkolinlamil diserahterimakan dari Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. kepada penggantinya Laksma TNI I Gusti Putu Wijamahaadi, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal.

Dalam amanatnya, yang disampaikan saat upacara, Kasal mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan aktualisasi dari regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis.

“Hal ini berkaitan erat dengan dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh untuk memberikan penyegaran melalui ide dan gagasan yang inovatif bagi peningkatan kinerja organisasi,” tutur Kasal.

Menurut Kasal, Koarmabar dan Kolinlamil adalah komando utama (Kotama) pembinaan dan operasional TNI Angkatan Laut. Koarmabar bertugas membina kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan potensi maritim menjadi kekuatan  pertahanan negara di laut serta melaksanakan operasi laut sehari-hari, operasi tempur laut dan proyeksi kekuatan ke darat dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Sementara itu, Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara. Selain itu, melaksanakan angkutan administratif, taktis maupun strategis TNI/Polri dan melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional.

Dia juga berharap secara eksternal, segenap personel di jajaran Koarmabar dan Kolinlamil perlu senantiasa menghindari tindakan, sikap dan perilaku yang dapat menyakiti hati rakyat dan menimbulkan antipati.

"Saya juga berharap agar selalu menjalin koordinasi yang harmonis dengan instansi terkait, baik sipil maupun militer, sehingga dapat menjaga dan mendukung terciptanya kerukunan, kesatuan dan harmonisasi di antara segenap komponen bangsa,” ucap Kasal. (kt2/klm)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga