Siang Ini KAHMI DIY Gelar Nobar G 30 S Bersama Tokoh-Tokoh Nasional di Balai Kota


Dr. Khamim Zarkasih Putro. Foto: Ja'faruddin

YOGYAKARTA- Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Majelis Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (MW DIY) siang nanti, Sabtu (30/09/2017) bakal menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) film Pengkhianatan Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI) di Gedung Balai Kota Yogyakarta, Jalan Kenari No. 1 Yogyakarta. Selain Nobar, dalam acara tersebut akan dihadiri tokoh-tokoh nasional untuk memberikan orasi ilmiah dalam diskusi bertemakan ‘Refleksi 52 Tahun G 30 S/ PKI.

“Nanti in sayaa Allah akan hadir sebagai pembicara, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Bapak Prof. Dr. Amien Rais, Mantan Ketua Umum PB HMI, Drs. Chumaidi Syarif Romas, M.Si, Brigjen (Purn) Adhitya Warman Thaha, dan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol. Inf. Rudi Firmansyah, SE, MM,” kata Ketua Presidium KAHMI MW DIY, Dr. Khamim Zarkasih Putro dalam keterangan pers yang diterima redaksi.

Dikatakan Khamim, dalam acara nanti siang, panitia juga akan membagikan buku berjudul ‘Gerakan 30 September: Pemberontakan PKI” yang pernah diterbitkan era Pemerintahan Orde Baru (Orba), kepada peserta yang hadir.

“Dalam daftar yang sudah mengkonfirmasi kehadiran, sedikitnya sekitar 273 peserta dari anggota KAHMI dan kader-kader HMI se DIY,” imbuhnya.

Menurut Khamim, acara Nobar dan diskusi film G 30 S PKI adalah sebagai upaya merefleksikan kembali gerakan oleh golongan komunis yang  yang merongrong Pancasila sebagai dasar negara.

“Ini sebagai upaya mengantisipasi bangkitnya kembali paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila, tak hanya PKI saja sebenarnya, tapi apapun ideologi radikal yang bertentangan dengan Pancasila,” pungkas dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 



Terpopuler


Baca Juga