Jumat, 20/10/2017 10:56 WIB | Dibaca: 391 kali

Kualitas Pertumbuhan Menjadi Prioritas RPJMD DIY


Sri Sultan hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Triwulan III 2017 Bappeda DIY. Foto: ist

YOGYAKARTA -  Mulai  2018  penilaian kinerja aparatur pemerintah daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditekankan pada kualitas. Sebab, spirit untuk berubah dan menciptakan percepatan menjadi dua hal yang ingin dicapai oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022.

“Tidak ada lagi ungkapan ngaten mawon sampun saget. Jika saat ini masih menganut prinsip Money Follow Program yang identik dengan kepatuhan dan ketaatan, maka untuk selanjutnya ditambah dengan Money Follow Function, dalam arti hasilnya harus jelas membawa konsekuensi pada pertumbuhan atau tidak, sehingga dari sisi outcome dan output lebih berkualitas,”  Tutur Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Triwulan III 2017 yang diselenggarakan oleh Bappeda DIY di Nakula Sadewa Room Inna Garuda, kemarin (19/10/2017).

Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi menambahkan, seusai pidato visi misi Gubernur DIY periode 2017-2022 di depan Sidang Paripurna Istimewa DPRD DIY pada 16 Oktober 2017 yang lalu, harus ditindaklanjuti dengan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Menurutnya, RPJMD merupakan turunan dari visi misi ke dalam program yang terukur.

“Ini menjadi tugas semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mewarnai RPJMD yang kemudian akan dituangkan dalam Renstra,” katanya.

Disamping itu, ditandaskan Gatot, dengan telah diterbitkannya SKB percepatan pembangunan provinsi (mulai Oktober 2017) dibentuklah tim akselerasi yang bertugas untuk menciptakan pencapaian outcome pembangunan secara cepat melalui inovasi dalam hal pembiayaan, penetapan program-program prioritas dan perubahan kelembagaan.

Rapat mengambil tema Menyongsong Abad Samudera Hindia Melalui Peningkatan Kinerja Pembangunan Yang Lebih Berkualitas. Dalam rapat tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sri Paduka KGPAA Paku Alam X, pemipmpin daerah dari 5 kabupaten/Kota se DIY beserta pimpinan OPD. (kt1)

Redaktur: Rudi F



 



Terpopuler


Baca Juga