Sabtu, 11/11/2017 18:19 WIB | Dibaca: 48 kali

DIY Terima Predikat Pemda Berkinerja Sangat Baik dari IIPG


Perwakilan Pemda DIY terima Anugerah Pandu Negeri 2017 di Grha CIMB Niaga Jakarta. Foto:ist

JAKARTA - Pemerintah Daerah DIY mendapat predikat sebagai Pemerintah Daerah setingkat provinsi dengan kategori Kinerja Sangat Baik dalam penilaian Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Penghargaan atas prestasi tersebut diberikan dalam Anugerah Pandu Negeri 2017 di Grha CIMB Niaga Jakarta, Jumat (10/11) malam.  

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Ir. Rony Primantohari, MT hadir mewakili Pemda DIY untuk menerima penghargaan. Tiga kabupaten di DIY juga menerima penghargaan untuk kategori Kabupaten dengan kinerja sangat baik, yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul.

Dalam rilis IIPG, penilaian Anugerah Pandu Negeri 2017 didasarkan pada dua hal, yaitu kinerja dan tata kelola pemerintahan. Dari sisi kinerja, pemerintah daerah dinilai berdasarkan pertumbuhan ekonomi, sumber daya manusia, dan inovasi yang dilakukan. Sedangkan dari sisi tata kelola, tim juri melakukan kajian berdasarkan pengelolaan keuangan daerah, manajemen pemerintahan, dan komitmen anti korupsi.

Pada tahap awal, sebanyak 548 pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia disertakan dalam proses ini. Setelah memperhatikan capaian laporan keuangan yang tercermin dari predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK dan Perda APBD yang tepat waktu, terseleksi 220 pemda. Selanjutnya, seleksi mengerucut pada 50 Pemda yang terjaring berdasarkan pertumbuhan ekonomi, pengelolaan sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan, dan terobosan yang dilakukan.

Ketua Dewan Penasihat IIPG Prof. Dr. Boediono, M. Ec yang hadir dalam Anugerah Pandu Negeri 2017 mengatakan negara yang maju salah satunya ditopang oleh kinerja institusi publik yang terus berinovasi.

Mantan Wakil Presiden RI ini memberikan berbagai contoh perkembangan institusi publik di beberapa negara maju yang telah mengembangkan berbagai layanannya.

“Anugerah Pandu Negeri 2017 diharapkan menjadi penyemangat agar institusi publik di Indonesia, khususnya pemerintah daerah, agar terus berinovasi,” harap  Boediono.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo yang juga hadir dalam acara ini menyambut baik langkah yang dilakukan oleh IIPG.

“Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah perlu terus dilakukan sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin membaik,” tutup Menteri Tjahyo. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga