Terpilih Ketum Golkar, Airlangga Dikabarkan Bakal Dikeluarkan dari Kabinet


Airlangga Hartanto. Foto: ist

JAKARTA – Beredar kabar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto bakal dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu tersebut paska Airlangga terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di Jakarta Convention Center Selasa (20/12/ 2017) yang lalu. Kabarnya, Airlangga yang menggantikan posisi Setya Novanto di pucuk pimpinan Golkar itu, akan direshufle awal tahun 2018 mendatang.

Terkait hal tersebut, Politikus Partai Golkar Aziz Syamsudin mengaku belum tahu. Namun demikian dia mengaku mendengar adanya pertemuan antara Jokowi dan Airlangga untuk membahas soal kelanjutan jabatan Menteri Perindustrian yang diembannya,

“Tapi saya tak mengetahui hal-hal apa saja yang dibicarakan antara Presiden dengan Ketum (Golkar).

Mungkin pertemuan Pak Presiden dengan Pak Ketum ada pembicaraan itu, tapi saya enggak tahu," katanya.

Sebelumnya, Plt Ketua DPR RI Fadli Zon mengingatkan, Presiden Joko Widodo agar konsisten pada janjinya agar orang yang menjabat sebagai menteri tidak boleh menjadi ketua umum partai. Sebab menurut Fadli, Jokowi sampai saat ini masih mempertahankan posisi Airlangga Hatarto menjadi menteri meski sudah resmi menjabat ketua umum Partai Golkar.

“Presiden sendiri yang mengatakan agar fokus. Dan menurut saya itu bagus. Artinya kalau rangkap jabatan nanti ada moral hazard, konflik kepentingan,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (22/12/2017) lalu.

Namun demikian Fadli tetap mengembalikan lagi pada Jokowi sebagai pihak yang memiliki kewenangan.

“Hanya saja, apabila kedepannya Jokowi tetap mempertahankan Airlangga, sama saja mengingkari janjinya,” takan Fadli Zon. (kt1)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga