Sabtu, 30/12/2017 16:57 WIB | Dibaca: 476 kali

Tahun 2018 Slot Dana Keistimewaan Rp 1 Triliun


Gatot Saptadi. Foto: ist

YOGYAKARTA – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan menaikkan slot dana keistimewaan untuk tahun 2018. Dana keistimewaan tersebut akan diarahkan untuk proses pengentasan kemiskinan di DIY dengan pendekatan lima pilar keistimewaan.

Sekda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan, tahun 2017, slot dana keistimewaan sebesar Rp800 milyar, sedangkan tahun depan akan naik menjadi Rp 1 Triliun.

“Ada lima butir keistimewaan yang akan didukung oleh dana keistimewaan, meliputi pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur, kebudayaan, kelembagaan, tata ruang dan pertanahan,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Meski demikian, Kata Gatot, dana keistimewaan juga bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang berorientasi mengentaskan kemiskinan, atau sepanjang dalam kawasan heritage, atau kawasan budaya,

“Sebagai contoh, penyediaan air dan pembangunan jalan, secara tidak langsung dapat digunakan untuk mendukung pengentasan kemiskinan, atau dalam kawasan heritage” tukasnya.

Gatot juga menegaskan bahwa dana keistimewaan tidak hanya akan berfokus terhadap pembangunan infrastruktur saja, namun juga untuk keperluan lainya secara merata dan proporsional, termasuk untuk pengembangan budaya.

“Semuanya ke dalam lima pilar keistimewaan, harus proporsional dan merata," tutup Gatot. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

 


 





Baca Juga