Hasto Wardoyo: Awal Tahun Akan Memulai Pembangunan Bandara di Kulonprogo Tanpa Kegaduhan


Hasto Wardoyo. Foto: doc/jn

KULONPROGO - Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menegaskan bahwa pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan berjalan tanpa konflik mulai awal tahun 2018 ini. Terkait 32 Kepala Keluarga (KK) di wilayah Kecamatan Temon yang masih bertahan, akan diselesaikan dengan baik-baik.

“Di awal tahun ini kita akan mulai pembangunan bandara dengan penuh ketengangan,” kata Hasto, baru-baru ini.

Menurutnya road map solusi atas permasalahan yang ada dalam proses pembebasan lahan sudah cukup jelas. Di antaranya, kata dia, warga yang belum mendapatkan kejelasan status alih lahan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) maupun Pengadilan Negeri (PN).

Terkait hal itu, ditegaskan Hasto, Pemkab Kulonprogo akan membantu mengejarnya agar cepat selesai.

“Demikian juga dengan warga yang belum menemukan titik temu kecocokan masalah harga, surat menyurat, dan lainnya. Pemkab (Kulonprogo) akan membantunya hingga semua tuntas,” tegas Hasto.

Selain itu, dikatakan Hasto, komunikasi dengan pihak terkait juga dilakukan seperti pertemuan dengan Direktur Utama PT Angkasapura I yang baru maupun pihak PT Pembangunan Perumahan (PP) selaku kontraktor pembangunan NYIA. Menurut Hasto, Pemkab telah telah menyampaikan komitmen agar tidak terjadi kericuhan lagi di tengah masyarakat atas permasalahan yang ada.

Lebih lanjut dijelaskan Hasto, Pemkab juga sudah berkomunikasi dengan staf Kepresidenan, agar ada dorongan dari presiden kepada kementerian Agraria Tata Ruang (ATR) dan BPN maupun kementerian keuangan agar kebijakannya bisa sinkron dengan pelaksanaan di tingkat bawah,

“Kita buat suasana lebih tenang, tidak Gaduh. Saya mengajak masyarakat, khususnya di (kecamatan) Temon untuk mengubah cara pikir,” pungkasnya. (kt3)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga