Hadiri Natal Bersama, Sri Sultan Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebhinnekaan


Sri Sultan HB X menyalakan lilin sebagai pembuka perayaan natal bersama. Foto: ist

YOGYAKARTA – Keluarga Besar PNS, TNI, POLRI, BUMN, BUMD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Perayaan Natal Bersama di Bangsal Kepatihan Yogyakarta Kamis (04/01/2018) malam.

Perayaan diawali dengan penyalaan tujuh buah lilin yang dilakukan secara bergantian oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua DPRD DIY, Gubernur AAU, Wakapolda DIY, Kakanwil Kemenag DIY, Uskup Agung Semarang dan Ketua PGI DIY.

Dalam sambutannya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan, perayaan Natal bersama tahun ini hendaklah mencerminkan temanya, yaitu ‘Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu’ sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para jemaat.

“Dan lebih jauh hal ini dapat diwujudkan dengan menghayati kerukunan Allah yang damai, adil dan saling menerima dalam keanekaragaman,” tutur Sri Sultan.

Terkait keberagaman, Sri Sultan mengingatkan bahwa jika dilihat dari sejarah, Jogja sendiri melalui peristiwa Hijrahnya Sukarno-Hatta ke Yogyakarta pada 4 Januari 72 tahun yang lalu menunjukkan bahwa cara berjuang yang berasaskan Pancasila disemaikan dan mewujud nyata pada semangat Kebhineka-Tunggal Ikaan.

“Dan momentum itu membawa makna sejarah  bahwa dari kota ini tonggak awal pergulatan sebagai bangsa yang berbeda-beda latar belakang namun tetap satu dalam mencita-citakan kemerdekaan bangsanya,” imbuh Sri Sultan.

Sementara Uskup Agung Semarang, Mgr Romo Vikep mengingatkan bahwa Natal merupakan peristiwa reinkarnasi cinta Allah kepada manusia melalui pengutusan Yesus ke dunia untuk membebaskan umat manusia dari dosa.

“Karena dosa lah yang membuat hubungan manusia dengan Allah tidak berjalan baik. Sehingga Natal merupakan momentum untuk lahir kembali, mengumregahkan damai Kristus dan membagikannya kepada orang lain sehingga tercapai kedamaian dalam hidup,” tuturnya.

Ketua Panitia Natal Bersama Keluarga Besar PNS, TNI, POLRI, BUMN, BUMD DIY Kolonel Arm Indro Respati, S.Sos melaporkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Natal bersama ini diantaranya pembinaan Imam bertempat di Auditorium Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga DIY serta di Kompleks Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisucipto Yogyakarta, Kegiatan Ajang Kasih Aksi Sosial Natal 2017 yang diselenggarakan di TK Bokri Minggir Sleman dan di TK Pangudi Luhur, Boro, Kulonprogo.

Dalam Perayaan Natal Bersama ini disampaikan Hikmah Natal oleh Romo Suyatno, Pr, Kesan Natal oleh Ketua MUI yang sekaligus Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY KH.Abulrahman Thoha, dan doa Safaat disampaikan oleh Pendeta Bambang Subagyo.

Hadir dalam acara ini Kasiter Korem 072/Pmk Letkol Inf Jaelan Wakapolda dan Jajaran Forkompimda Plus, Ketua Kevikepan Yogyakarta, Ketua PGI Yogyakarta.

Selain mendengarkan sambutan dan Hikmah Natal, tamu undangan dihibur dengan kesenian Paduan Suara Pesparawi, G Worship band, Operette Natal dan VG Mlenuk Voice. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga