Senin, 22/01/2018 23:38 WIB | Dibaca: 339 kali

Cuaca Ekstrim Melanda Bantul, 14 Rumah Warga Rusak


Prajurit Kodim 0729/Bantul membersihkan pohon tumbang di tepi jalan raya akibat cuaca ekstrim. Foto: ist

BANTUL- Cuaca ekstrim kembali melanda wilayah DIY dan sekitarnya, termasuk di wilayah Kabupaten Bantul. 

Berdasarkan data dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul, akibat hujan deras yang melanda Bantul sejak Sabtu (20/01/2018) hingga hari ini, Senin (22/01/2018), sebanyak 14 rumah mengalami kerusakan, 8 pohon tumbang, 3 tiang listrik dan 1 tower internet roboh, serta 1 talud ambrol. Selain itu, dua orang juga dikabarkan mengalami luka karena tertimpa pohon tumbang saat mengendarai sepeda motor.

Sedikitnya 35 lokasi terdampak akibat kejadian ini yang tersebar di 13 Kecamatan. Rincian kecamatan itu yakni Jetis, Bambanglipuro, Pajangan, Bantul, Sewon, Imogiri, Sedayu, Dlingo, Pleret, Kasihan, Banguntapan, Kretek dan Piyungan.

"Prajurit dan jajaran terkait beserta relawan segera melakukan penanganan dengan prioritas pohon tumbang yang menimpa rumah warga maupun menutup akses jalan utama. Hingga sore tadi dilaporkan seluruh lokasi telah terkondisi dengan baik,” ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Yuswanto didampigi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul, Mayor Inf Suwarno, Senin (22/01/2018).

Yuswanto mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada, karena menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi. Ia juga menegaskan kepada para Prajurit untuk bersiap siaga kapan saja melakukan tugas guna memberikan pertolongan kepada warga.

“Kami juga mengimbau kepada warga agar senantiasa waspada dan hati-hati dengan cuaca ekstrim,” pungkas Yuswanto. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga