Kamis, 08/02/2018 17:12 WIB | Dibaca: 386 kali

Dukung Swa Sembada Pangan, Prajurit Kodim Bantul Turun ke Sawah


Babinsa Poncosari Koramil 17/Srandakan membatu panen padi serentak oleh kelompok tani Wedidadi di Dusun Bondowaluh. Foto: ist

BANTUL – Jajaran TNI Angkatan Darat (AD) Kodim 0729/Bantul berkomitmen mendukung Upaya Khusus (Upsus) Pertanian dari Pemerintah. Memasuki musim panen Padi di Kabupaten Bantul, Prajurit Kodim 0729/Bantul yang bertugas sebagai Babinsa turun ke sawah untuk membantu petani di berbagai wilayah kecamatan,

Hal itu seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 11/Dlingo Serma Tumardi yang membantu panen padi milik Siswoyo, di bulak Temuwuh Dlingo Bantul, Rabu (07/02/2018). Dalam panen padi tersebut,  Babinsa yang menaungi Temuwuh ini  bersama para petani tampak semangat saat memotong tanaman padi di areal sawah seluas 1,1 hektar.

Komandan Koramil 11/Dlingo Kapten Czi Pangestu mengatakan, babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, termasuk dalam kegiatan panen padi seperti ini,

“Dalam mensukseskan program swasembada pangan ini, TNI AD telah memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan anggota Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Sementara Siswoyo mengatakan, masyarakat petani sangat senang dan berterimakasih dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani guna memberikan penyuluhan dan bimbingan bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa, hasil panen tahun ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat,” kata Siswoyo.

Ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan.

Pada hari yang sama Babinsa Poncosari Koramil 17/Srandakan juga membatu panen padi serentak oleh kelompok tani Wedidadi di Dusun Bondowaluh, Poncosari, Srandakan. Lahan seluas 1 Ha yang dipanen tersebut ditanami jenis padi Cibagendit.

“Sesuai dengan tugas babinsa menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha utuk mengatasi kesulitan rakyat sekitar inilah yang dilakukan babinsa poncosari, srandakan. Sertu Sudarisman. Ia  begitu semangat dalam memberikan contoh kepada para petani agar selalu semangat dan bekerja keras untuk menjadi petani yang ulet dan tangguh,”kata  Danrami 17/Srandakan Kapten Inf Diya

Terpisah, Serda Temu Wibowo Babinsa Desa Sumbermulyo Koramil 14/Bambanglipuro, ikut berpartisipasi dalam rapat program Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Blawong II di rumah bapak H.Sarjiman Dusun Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Rabu (7/2/2018)

Irigasi Blawong II ini mengairi persawahan yg meliputi beberapa kecamatan yang ada di Bantul termasuk kecamatan Bambanglipuro.

“Partisipasi para Babinsa di sana bersama petugas GP3A, diharapkan jaringan irigasi semakin lancar,  kendala di lapangan cepat teratasi, sehingga akan meningkatkan produksi pertanian,” imbuh Danramil 14/Bambanglipuro Kapten Cba Mardiyono. (kt2)

Redaktur: Rudi F

 


 



Terpopuler


Baca Juga