Seluruh Prajurit Kodim 0734/Yogyakarta Laksanakan Uji Terampil Perorangan

YOGYAKARTA – Kodim 0734/Yogyakarta menyelenggarakan Latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum selama tiga hari, dimulai hari ini, Selasa (13/02/2018) hingga (15/02/2018). Kegiatan dilaksanakan disekitaran Makodim 0734/Yogyakarta.

Pasiops Kodim 0734/Yogyakarta, Lettu Kav Yohanes mengatakan, latihan UTP umum diikuti oleh Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim 0734/Yogyakarta beserta jajaranya, bertujuan untuk menguji tingkat ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari” terang Lettu Yohanes, Selasa (13/02/2018).

Dijelaskan Lettu Yohanes, materi dalam latihan tersebut adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 Kemampuan Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.

Sebelum dilaksanakan UTP Umum, kata dia, terlebih dahulu para personel mengikuti latihan Perorangan Dasar (Latorsar).

“Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos , Ketatalaksanaan Binter dan lain – lain,” imbuhnya.

Dikatakan Lettu Yohanes sementara tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing anggota. Ia menguraikan Ketujuh materi antara lain,  sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E.,M.M, menjelaskan bahwa UTP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

“Tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang dicapai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya, sesuai kalender latihan satuan” tuturnya.

Giat tersebut, kata Dandim, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya. Selain itu, tukas Dandim, juga untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0734/Yogyakarta kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama.

“Maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan. Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan bisa diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil” pungkas Dandim. (kt3)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com