Jelang Pembukaan TMMD di Pandeyan, Dari Dandim Hingga Babinsa Turun Lapangan


Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah turun langsung mengecek persiapan pelaksanaan TMMD di Pandeyan. Foto: ist

YOGYAKARTA – Jajaran Kodim 0734/Yogyakarta bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-101 tahun 2018. Dari Komandan Kodim (dandim) hingga Babinsa turun langsung untuk mempersiapkan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan di Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta tersebut.

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E., M.M  menuturkan, persiapan pra TMMD akan dimulai besok, Minggu (18/03/2018), sedangkan untuk upacara pembukaan TMMD akan dilaksanakanpada Rabu (28/03/2018) mendatang. Ia memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempersiapkan pelaksanaan TMMD secara maksimal,

“Kami ingin kegiatan TMMD ini sukses, sehingga perlu dari awal segala sesuatunya dipersiapkan, salah satunya survey ke lokasi untuk memastikan dan mengetahui situasi dan kondisi,” tutur Dandim saat mengecek langsung kegiatan pra TMMD dan persiapan pembukaan TMMD, Sabtu (17/03/2018).

Dikatakan Dandim, sasaran pembangunan fisik TMMD nantinya antara lain merehab rumah warga agar lebih layak huni, pembuatan talud untuk mengantisipasi banjir,  serta renovasi Balai RW.

“Setidaknya itu yang menjadi sasaran kami dalam kegiatan fisik TMMD yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. Selain kegiatan fisik, nantinya juga akan kami selenggarakan kegiatan non fisik yang berorientasi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti sosialisai Napza, Kesehatan, Donor Darah, Wawasan Kebangsaan, dan banyak lagi yang kami agendakan” kata Dandim.

Agar dalam pelaksanaan berjalan sesuai rencana, kata Dandim, survey lokasi perlu dilakukan untuk mengetahui dengan gamblang tentang kesiapan dan faktor pendukung yang bisa menperlancar kegiatan TMMD. Menurutnya bagaimana teknis langsir material, pengaturan tenaga masyarakat dan kesiapan saat pembukaan TMMD dan sebagainya, perlu dipersiapkan secara matang.

“Saya berharap dalam pelaksanaan nanti terjalin sinergitas antara TNI dan masyarakat, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dan saling bergotong-royong untuk terjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat,” harap Dandim yang saat meninjau lokasi didampingi Danramil 07/Umbulharjo Mayor Kav Cecep dan Babinsa Pandeyan, Serda Ari.

Di sisi lain, puluhan anggota Kodim 0734/Yogyakarta dibantu warga Pandeyan saling bahu membahu bersih-bersih disepanjang jalan Gambir Sawit RW 11 Gambiran sampai lapangan yang akan dipergunakan sebagai lokasi pembukaan TMMD. Selain membersihkan jalan, prajurit dibantu warga juga memasang umbul-umbul yang menghiasi tepi jalan.

Danramil 07/Umbulharjo, Mayor Kav Cecep Saifudin mengatakan, sejumlah persiapan terus dilakukan TNI bersama warga jelang upacara pembukaan TMMD. Menurutnya, sejumlah prajurit telah diterjunkan di beberapa titik untuk melaksanakan tugas-tugas teknis terkait pelaksanaan TMMD,

“Semua titik sektor di lapangan dan sekitarnya kita genjot pengerjaannya agar saat hari H (pelaksanaannya) sudah siap semuanya” kata Mayor Kav Cecep Saifudin, yang terjun langsung ke lapangan.

Anggota Pok Tuud Kodim juga bekerja ekstra, bahkan bekerja lembur malam ini untuk mempersiapkan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang suksesnya TMMD.

Menurut kapok Tuud, Pelda Muldiharjo, jelang pelaksanaan TMMD, segala persiapan sudah mendekati selesai. Salah satu  perangkat yang tidak kalah penting dalam kegiatan TMMD, kata dia,  adalah pembuatan Pos Kotis dan Pos Kout,

“Pasalnya, di Pos inilah nanti, tempat melakukan koordinasi dan administrasi, tentang perencanaan, kegiatan, prestasi dan raihan target, disamping data-data lainnya,” tukasnya.

Dikatakan Muldiharjo, lokasi Pos Kotis sudah ditentukan di Desa Pandeyan dan Sub Pos Kotis di titik nol sasaran, tidak jauh dari lokasi fisik maupun non fisik. Dari pantauan dilapangan, imbuh Muldiharjo, perlengkapan untuk Pos  Kotis TMMD sudah mencapai 85 persen.

Bamin Ter Kodim 0734/Yogyakarta, Serka Karianto menambahkan, kesiapan alat perlengkapan Kotis pada prinsipnya sudah beres. Saat ini, kata dia, tinggal menata sarana prasarananya saja.

“Pada prinsipnya Pos Kotis TMMD Reguler Ke-101 sudah  siap semua untuk alat perlengkapan dan lainnya, hanya saja masih perlu pengecekan ulang dan penataan supaya nantinya tidak ada alat perlengkapan yang ketinggalan saat di butuhkan di Pos Kotis” ungkap Serka Karianto. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 


 





Baca Juga