Pria Paruh Baya Ini Rela Tinggalkan Pekerjaan Demi Membangun Talud dalam Program TMMD

YOGYAKARTA –  Geliat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 101  di Kampung Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta, kian terasakan. Meski sinar matahari  begitu nyalang di bantaran Sungai Gajah Wong, tak menyurutkan semangat prajurit Kodim 0734/Yogyakarta bersama warga untuk membangun talud, Jum’at (06/04/2018).

Nampak sosok pria paruh baya dengan bersemangat mengayunkan cangkul untuk mengangkat tanah bercampur sampah di pinggir sungai, sebelum ditimbun dengan susunan bronjong atau kawat besi berisi bebatuan. Lelaki beruban itu, Kasdadi (60) Warga RT 52 RW 11 Kampung Gambiran.

Kastadi mengaku rela meninggalkan pekerjaan seperti hari-hari biasanya demi membantu para prajurit Satgas TMMD membangun talud. Sebab menurutnya, keberadaan talud sangat penting terutama bagi warga sepertinya yang memiliki rumah mepet dengat tebing sungai,

“Ini saya sudah dua minggu tak berangkat kerja, istilahnya untuk kerja bakti membantu bapak-bapak TNI membangun bronjong (talud) sampai selesai nantinya,” ungkap Kasdadi yang selama ini bekerja sebagai buruh serabutan.

Kendati tidak berangkat kerja selama 30 hari, bagi Kasdadi yang penting kebutuhan sehari-harinya sudah bisa dipenuhi anggota keluarga lainnya. Kastadi juga tidak merasa rugi meski dalam membantu satgas TMMD tidak mendapatkan bayaran. Ia bahkan mengaku senang dan merasa beruntung karena dengan dibangunnya talud, kehidupan keluarganya menjadi lebih tenang,

“Kalau hujan besar dan banjir, airnya bisa membludak sampai rumah kami. Saya senang membantu pembangunan talud bronjong ini karena saya dan masyarakat juga yang merasakan hasilnya nanti. Mudah-mudahan nantinya tidak kebanjiran dan longsor. Saya sungguh sangat berterimakasih kepada bapak-bapak TNI,” ucapnya.

Betapa pentingnya pembangunan talud juga diugkapkan Ketua RW 10 Kampung Gambiran, Susilo Edi. Menurut Susilo, sasaran TMMD tersebut sangat tepat dan memang selama ini sangat diharapkan oleh masyarakat kampungnya,

“TMMD ini sangat membantu, terutama pembangunan talud yang selama ini kami idam-idamkan, kami dambakan, bahkan kami impikan, ternyata terealisasi,” katanya.

Selama pelaksanaan TMMD, Susilo senantiasa menyampaikan imbauan kepada warganya agar turut berpartisipasi menyukseskan setiap program TMMD. Menurut dia, warga sangat antusias bekerjasama dengan Satgas TMMD,

“Kami juga mengajak masyarakat agar nantinya apa yang sudah dibangun oleh satgas TMMD dirawat dan dijaga bersama-sama agar tetap terpelihara dengan baik,” tutupnya. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com