Sabtu, 02/06/2018 19:37 WIB | Dibaca: 337 kali

Generasi Millenial Yogyakarta Flash Mob Ajak Belajar Pancasila


Aksi Flahs Mob #AYOSINAUPANCASILA di titik nol KM Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA - Peringatan hari Pancasila, 1 Juni di Yogyakarta dilakukan oleh berbagai elemen dengan berbagai cara. Selain dengan refleksi, pentas musik dan orasi ada juga kegiatan unik dilakukan di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Diantaranya, kegiatan yang dilakukan sejumlah elemen perwakilan mahasiswa dari berbagai daerah yang tengah belajar di Yogyakarta, dengan aksi FlashMob #AyoSinauPancasila, di titik Nol Km Yogyakarta, Jumat (01/06/2018) sore.

Koordinator aksi, Endro Sulaksono mengatakan Flashmob bertujuan membangun kesadaran generasi millenial agar mau belajar Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Menurutnya, kesadaran untuk turut serta dalam proses pembangunan karakter bangsa, terutama di kalangan anak muda, kaum muda millenial sangat strategis guna menumbuhkan rasa cinta tanah air juga rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia,

"Pilihan aksi flash mob sebagai tanda bersatunya semangat kaum muda untuk bergandeng tangan bersama," kata Endro usai aksi, kemarin. 

Dikatakan Endro, peserta aksi adalah anak-anak muda dari berbagai daerah di nusantara yang berkumpul dengan semangat yang sama, meski berbeda keyakinan, berbeda bahasa, berbeda asal daerah tapi satu sikap. 

“Lewat tagar #AyoSinauPancasila, bisa diaplikasikan untuk ajakan bersama kembali belajar dan mendalami nilai-nilai Pancasila seperti yang digali oleh Ir Soekarno,” ujarnya. 

Flashmob dilakukan dengan puluhan peserta dengan mengenakan kaos putih bertuliskan huruf kapital warna merah dengan abjad sesuai urutan: #AYOSINAUPANCASILA. Di sela aksi, peserta berbagi juga paket takjil untuk berbuka puasa bersama warga. 

“Tujuan aksi ini untuk memberikan kesadaran bahwa tak boleh ada ketakutan untuk bicara ideologi, di negeri ini ada konstitusi, UUD 1945 yang menjamin kemerdekaan berekspresi, berserikat dan berkumpul. Semoga saja, selalu ada keberanian untuk bersikap sesuai ideologi Pancasila," pungkasnya Endro Sulaksono. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi S


 



Terpopuler


Baca Juga