Perwira Staf Operasi Lanal Yogyakarta Khatib Shalat Ied Pasukan PBB di Afrika Tengah


Pasops Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T., didaulat menjadi khatib shalat ied 1439 H Pasukan PBB di Afrika Selatan

MPOKO BANGUI – Perwira Staf Operasi (Pasops) di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T., didaulat menjadi khatib shalat ied 1439 H di lapangan Garuda United Nation (UN) Super Camp, Mpoko Bangui, Afrika Tengah, Jumat (15/06/2018) yang lalu.

Shalat Idul Fitri 1439 H tersebut digelar oleh pasukan misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya pasukan TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXVII-D Multidimensional Integrated Stabilization Mission In Central Africa Republic (Minusca).

Rangkaian perayaan Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal 1439 Hijriyah tersebut diisi dengan sholat  berjamaah yang dihadiri Wadan Satgas, para Perwira Satgas, Perwira Milobs dan Milstaf, pasukan perdamaian dari negara lain yang sedang bertugas di Afrika Tengah.

Selain itu, turut menjadi jamaah sekitar 250 personel pasukan Satgas Kizi TNI Konga yang sejak tanggal 26 Pebruari 2018 tergabung misi pasukan PBB selaku G9/Cimic (Civil Military Coordination)  Officer di Sector Center Head Quarter.

Dalam Khutbahnya Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T. menyampaikan terkait kiat-kiat dalam Istiqomah menjalankan ibadah selepas bulan Ramadhan,

“Seperti halnya perayaan hari raya Idul Fitri di tanah air, selesai khutbah dilanjutkan halal bihalal dan ramah tamah makan bersama seluruh pejabat dan personel Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda serta dihadiri tamu undangan dari jajaran pasukan perdamaian negara-negara lain,” kutip keterangan resmi dari Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Suasana haru yang mendalam nampak dari raut personel TNI yang saat ini mengemban tugas atas nama bangsa Indonesia saat merayakan hari raya di negeri orang, namun dengan bekal pengalaman yang tergabung dalam misi perdamaian PBB sebelumnya, personel TNI telah teruji, terbukti dan diakui oleh pasukan negara-negara lain di dunia.

Sementara itu, Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada prajutrit TNI AL yang bertugas sebagai Satgas Kizi TNI Konga, khususnya Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T.

“Hal tersebut sebagai bekal kepercayaan diri serta kebanggaan bagi personel TNI yang saat ini sedang bertugas di Republik Afrika Tengah,” tuturnya.

Pasukan Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda yang diterjunkan di Afrika Tengah, berkekuatan 200 personel TNI dari ketiga angkatan, 176 TNI AD, 19 TNI AL dan 5 TNI AU.  Dansatgas dijabat oleh Letkol Chotman Jumei Arisandydi, S.Sos.

Pasukan tersebut bertugas dengan misi melaksanakan berbagai pembangunan infrastruktur di negara yang sedang konflik tersebut, seperti perbaikan jalan, pembuatan jembatan dan dan kegiatan Civilian Mlilitary Coordination (Cimic). (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS


 


 





Baca Juga