Rabu, 26/09/2018 20:04 WIB | Dibaca: 381 kali

Kodim Yogyakarta Gelar Pengajian Peringati Tahun Baru Islam


Pengajian Peringatan 1 Muharram 1440 di Masjid Al Mukmin Kodim 0734/Yogyakarta. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Kodim 0734/Yogyakarta mengelar Pengajian Peringatan 1 Muharram 1440 di Masjid Al Mukmin Kodim 0734/Yogyakarta, Rabu (26/09/2018).

Pengajian yang diikuti seluruh anggota militer, PNS,dan Persit KCK Cab XXXIV Dim 0734/Yogyakarta tersebut, menghadirkan penceramah Ustad Saefudin dari KUA Kecamatan Tegalrejo.

Dandim 0734/Yogyakarta,LetkolInf BramPramudya SE mengatakan, pengajian mengambil tema ‘Dengan hikmah Tahun Baru Islam 1440H/2018 M, Kita Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Guna Membentuk Prajurit TNI AD Yang Militan Loyal Dan Profesional’. Menurutnya, sebagai umat Islam sudah seharusnya memahami arti dari peringatan tahun barunya,

“Melalui pengajian ini,kami ingin mengajak seluruh umat Muslim untuk memaknai kandungan yang terdapat dalam peringatan tahun baru Islam,” ujarnya.

Dalam tausiyahnya, Ustad Ustad Saefudin menyampaikan menurut perhitungan bulan Islam, tahun baru hijriyah ini merupakan peringatan peristiwa bersejarah umat Islam sebagai hari besar permulaan tahun.

Dijelaskan Saefudin, adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan Hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

“Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia dimasa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan,” tuturnya.

Keutamaan peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam, kata dia, mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekedar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.

Diakhir ceramah Ustad Ustad Saefudin mengatakan, momentum ini hendaklah kita banyak bermunajat kepada sang pencipta yaitu Allah SWT, dengan berbagai kegiatan seperti berpuasa, melakukan pengajian dan berdo’a agar dikaruniai hidup dan penghidupan yang lebih layak dunia dan akhirat,

“Dan tak jarang juga diberbagai sekolah termasuk pesantren-pesantren melakukan kegiatan pawai menyambut tahun baru islam yang patut disyukuri dan dirayakan dengan khidmat,” tutupnya.(kt1)

Redakur: Faisal


 





Baca Juga