Jumat, 30/11/2018 18:12 WIB | Dibaca: 291 kali

Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW


Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano S.E, M.Pd memberikan sambutan dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V Yogyakarta meggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M, di aula Markas Komando (Mako) Lanal Yogyakarta, Jl. Melati Wetan No 62 Baciro Yogyakarta pada Kamis (19/12/2018).

Dalam sambutan acara, Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano S.E, M.Pd menuturkan, peringatan maulid Nabi diselenggarakan Sebagai upaya menauladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Menurut Danlanal, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lanal Yogyakarta mengusung tema  “Jadikan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H / 2018 M Sebagai Suri Teladan Bagi Prajurit dan PNS TNI Yang Berjiwa Kesatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal dengan Rakyat”.

Dijelaskan Danlanal, acara peringatan yang dilaksanakan mempunyai arti penting, selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta kepada Allah SWT, juga sejatinya untuk mengingat kembali ahklak mulia sebagai suri tauladan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya,

“Hikmah mentauladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW semoga dapat meningkatkan kualitas pengabdian kita  kepada bangsa dan negara,” tutur Danlanal Yogyakarta.

Acara diikuti segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qori Sdr Mustaqiem, S.Ag  serta saritilawah Serma Kes Ella.

Adapun ceramah di sampaikan Ust KH Drs Slamet Abdullah, M.Si. Dalam ceramahnya Ust Slemet  menyampaikan bahwa sesuai penelitian yang dilakukan oleh  Mikhael Hurt tentang  manusia sukses  diseluruh dunia yang dilakukan selama 82 tahun, menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai orang peringkat nomor 1 dunia,

“Salah satu alasannya Nabi Muhammad SAW mempunyai sifat Al Amin yang artinya dapat dipercaya, Nabi Muhammad SAW merupakan manusia yang paling tepat menjadi seorang teladan bagi seluruh umat manusia, kemuliaan Nabi Muhhamad SAW tercermin dalam kehidupannya saat itu, walaupun hidup di lautan masyarakat Arab yang jahilyah namun Nabi Muhammad SAW tidak pernah terpengaruh sedikitpun,” katanya.

Ust Slamet menerangkan, Nabi Muhammad SAW juga dapat menjadi tauladan kepemimpinan bagi prajurit TNI, dikisahkan selaku panglima perang saat memimpin perang Badar, Nabi Muhhamad SAW yang hanya mempunyai kekuatan personil dan persenjataan terbatas, namun dapat memenangkan perang Badar dari kaum kafir Qurais dengan pasukan dan persenjataan lebih besar dan kuat.

Diahkir ceramah, Bpk. K.H Drs. Slamet Abdullah, M.Si berwasiat agar segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta senantiasa berupaya menjalani hidup yang diridhoi Allah SWT untuk meraih kebahagian dunia dan akhirat, selanjutnya acara diakhiri dengan doa bersama.

Turut hadir bersama segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta adalah Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd beserta Perwira Staf beragama Islam dengan menghadirkan penceramah ustad K.H Drs. Slamet Abdullah, M. Si selaku dosen pendidik senior bidang ahklak di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. (kt3)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga