Selasa, 04/12/2018 17:18 WIB | Dibaca: 87 kali

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok di DIY Stabil


Disperindag DIY Rapat Koordinasi Daerah jelang Hari Besar Keagamaan Nasional di Hotel Inna Malioboro. Foto:Ist

YOGYAKARTA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan stok dan harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru di DIY berada pada posisi aman.

Kepala Disperindag DIY Tri Saktiyana mengatakan, pantuan harga menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019  menunjukkan hal menggembirakan.  Menurutnya, di pasaran tidak tampak ada kenaikan harga yang signifikan,

“Beberapa bahan pokok, bahkan cenderung turun, meskipun tidak banyak,” katanya usai menggelar Rapat Koordinasi Daerah menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Hotel Inna Malioboro, Yogyakarta, Selasa (04/12/2018). 

Meski demikian Tri mengakui  ada kenaikan beberapa kebutuhan pokok, misalnya beras. Tapi menurutnya  itu masih bisa diatasi dengan menambah variasi jenis beras,

“Sebab memang ada jenis-jenis tertentu yang sangat diminati, sehingga harga cenderung tinggi dan ada yang biasa-biasa saja. Untuk daging sapi, harganya tidak berubah tapi tetap mahal. Solusinya, bisa diganti dengan daging kerbau,” tutupnya.

Ia menambahkan, stabilnya stok dan harga ini merupakan buah dari kerja sama yang harmonis dengan Pemkab dan Pemkot di DIY.

Hadir pada rapat ini antara lain Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Bank Indonesia, Bulog dan perwakilan kabupaten dan kota se-DIY.   

Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana ketika membuka rapat dan memaparkan materi menyampaikan DIY adalah salah satu dari 15 daerah yang mendapatkan perhatian lebih selain Bali, karena sangat sensitif terhadap inflasi.

Salah satu pemicu inflasi, kata dia, disebabkan tingginya mobilitas wisatawan yang datang ke Yogyakarta pada watu-waktu tertentu. Namun demikian, Indrasari menilai inflasi di Yogyakarta cenderung stabil. Harga-harga bahan pokok tidak terlalu banyak berubah.

“Pantauan sampai saat ini menunjukkan perubahan harga menjelang pergantian tahun tidak terlalu signifikan. Kalau kondisinya seperti ini diharapkan nantinya tidak ada kenaikan harga, harga-harga wajar, terus tersedia, tidak sulit didapat,” ujarnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga