Banyak Petugas PPS Meninggal, Badko HMI Jateng DIY Siapkan Fasilitas Trauma Healing


Ketua Badko HMI Jateng-DIY, Sahal Munir. Foto: ist

SEMARANG – Banyaknya Petugas Pemungutan Suara (PPS) dalam  Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang meninggal dunia akibat kelelahan, menuia keprihatinan Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta (Badko HMI Jateng – DIY).

Sebagai bentuk kepedulian sekaligus mengawal proses Pemilu, Badko HMI Jateng-DIY menyiapkan fasilitas Trauma Healing untuk para penyelenggara Pemilu, khususnya untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) paska tugas selesai,

“Kita akan siapkan fasilitas trauma healing bagi penyelenggara pemilu sebagai wujud komitmen HMI mengawal demokrasi,” kata Ketua Umum Badko HMI Jateng-DIY, Sahal Munir dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Minggu (28/04/2019).

Sahal mengatakan, trauma healing diperlukan mengingat beratnya pelaksanaan Pemilu 2019 terasa sampai kepada fisik hingga menyebabkan jatuh korban nyawa para petugas penyelenggara pemilu,

“Dengan model pemilu borongan seperti ini, pasti stressing yang dialami penyelenggara pemilu sangat kuat, sehingga dibutuhkan kondisi fisik yang prima” ujarnya.

Menurut Sahal, banyaknya korban yang menimpa penyelenggara pemilu, mulai dari keguguran, sakit, hingga meninggal dunia. Di jawa tengah sendiri korban mencapai 249 orang mengalami sakit dan 32 orang dinyatakan meninggal dunia.

Dengan banyaknya korban tersebut Sahal meminta KPU introspeksi diri terkait dengan pelaksanaan perekrutan penyelenggara di semua tingkatan.

“Saya menduga KPU abai terhadap faktor kesehatan fisik dan mental dalam perekrutan petugas, KPU harus introspeksi dan Pemilu harus dievaluasi” imbuhnya.

Sahal mengungkapkan, saat ini Pemilu sudah memasuki proses tahap rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Menurutnya, Pemilu yang sangat terasa berat bagi bangsa Indonesia sebagai langkah konstitusional pergantian Presiden dan wakil Presiden serta anggota legislatif secara nasional di semua tingkatan pemerintahan, perlu mendapatkan perhatian seluruh elemen bangsa.

Ia berharap tahapan-tahapan yang masih tersisa bisa berjalan lancar dan selesai dengan baik,

“Kita merasakan energi anak bangsa terkuras untuk suksesi Pemilu 2019, dan alhamdulillah sudah mencapai tahap rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, semoga berjalan dengan lancar,” pungkas Sahal Munir. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga