Tingkatkan Kemampuan SAR Kelas Dunia, TNI AL dan Russian Navy Latihan Bersama di Yogyakarta


Peserta Latihan Bersama TNI AL dengan Russian Navy . Foto: ist

YOGYAKARTA -  Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) Mabes TNI AL menyelenggarakan Latihan Bersama (Latma) dengan Russian Navy selama 3 hari dari tanggal 19-21 Juni 2019 di hotel Jambu Luwuk Jl. Gajah Mada 67 Pakualaman Yogyakarta.

Latma dengan tajuk  ‘Subjek Matter Expert Exchange Search And Rescue (SMEE SAR)’ tersebut diikuti oleh delegasi TNI AL sebanyak 33 personel dan delegasi dari Russian Navy sebanyak 3 personel.

Ketua Delegasi TNI AL Paban V Straops Sopsal Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta mengatakan rangkaian kegiatan Latma SMEE SAR digelar dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme penanganan Search And Rescue (SAR) tingkat dunia serta mempererat hubungan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan Russian Navy.

Menurutnya, Latma terdiri dari beberapa sesi kegiatan, baik yang bersifat formal maupun non formal oleh kedua delegasi. Antara lain, ice breaking, paparan dan diskusi materi SAR masing-masing angkatan, foto bersama, bertukar cinderamata dan kunjungan wisata oleh peserta delegasi Russian Navy di candi Borobudur, candi Ratu Boko dan menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana di candi Prambanan.

“Beberapa hal pokok disampaikan dalam paparan dan diskusi Latma SMEE SAR oleh masing-masing delegasi antara lain dasar hukum dan ketentuan pelaksanaan kegiatan SAR, kegiatan dan tukar pengalaman penanganan SAR, pengenalan prosedur dan organisasi SAR serta perencanaan terkait langkah-langkah kerjasama latihan SAR oleh kedua angkatan laut,” ungkapnya di sela-sela acara, Jumat (21/06/2019).

Delegasi TNI Angkatan Laut dalam forum Latma SMEE SAR menyampaikan harapan untuk kedepannya dapat terlaksananya Latma dalam bentuk praktek penanganan SAR di lapangan. Terkait harapan TNI AL tersebut, pimpinan delegasi Russian Navy Russian Navy Captain (Navy) Damir Shaikhutdinov yang didampingi pejabat Atase Pertahanan (Athan) Russian Navy Captain (Navy) Sergey Zhevnovaty mengungkapkan akan menindaklanjuti serta akan dibahas dalam forum selanjutnya.

Sementara itu, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro menyampaikan bahwa, sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Lanal Yogyakarta salah satunya adalah melaksanakan dukungan bidang operasi dan latihan TNI Angkatan Laut di wilayah Yogyakarta,

“Sehingga rangkaian kegiatan Latma SMEE SAR dapat terlaksana dengan baik dan aman dengan secara aktif jajaran Lanal Yogyakarta mendukung dan ikut serta,” tuturnya.

Ia mengatakan, sebagai perwakilan dalam delegasi TNI Angkatan dari Lanal Yogyakarta yaitu Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar Stud. Selain dukungan peserta, Lanal Yogyakarta juga memberikan dukungan terkait kegiatan protokoler, pelayanan kesehatan peserta Latma, pengamanan tertutup dan pengalaman terbuka baik personel,

“Kegiatan dan material dapat terlaksana dengan baik serta ucapan terimakasih kepada personel Lanal Yogyakarta, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam mendukung Latma,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga