Bentengi Pemuda dari Pengaruh Global, Koramil Ngampilan Beri Pembinaan Wasbang


Komandan Koramil 13/Ngampilan, Lettu Inf Makkasau, S.H saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada pemuda Kecamatan Ngampilan. Foto: ist

YOGYAKARTA – Banyak kalangan menilai jiwa patriotisme, cinta terhadap bangsa dan tanah air di kalangan pemuda akhir-akhir ini mulai meluntur diera keterbukaan informasi global saat ini.

Sebagai upaya menyelamatkan generasi muda dari pengaruh globalisasi tersebut,  Kodim 0734/Yka melalui Koramil 13/Ngampilan,  memberikan sosialisasi dan pembinaan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada pemuda di Wilayah Kecamatan Ngampilan, di Pendopo Kecamatan, Senin (06/07/2019).

Dalam sosialisasi hadir sebagai narasumber Danramil 13/Ngampilan Lettu Inf Makkasau, S.H. Dalam materinya Makkasau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diperuntukkan kepada peserta sosialisasi khususnya generasi muda di mana mereka harus mempunyai rasa wawasan kebangsaan yang tinggi,

“Jangan mudah terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sejalan dengan norma-norma bangsa Indonesia, serta memiliki rasa kebangsaan untuk menumbuhkan rasa kesatuan tekad dan perasaan masyarakat, terhadap kondisi bangsanya untuk menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani di antara bangsa-bangsa lain,” ujarnya.

Makkasau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membina mental sekaligus menumbuhkan jiwa patriotisme cinta terhadap bangsa dan tanah air kita Indonesia,

“Sebagai generasi muda penerus bangsa bisa menjadi contoh bagi lainnya, dalam hal Kedisiplinan, cinta tanah air, Rela berkorban, perlakuan baik kepada bendera dan lambang-lambang negara. Agar tumbuh dalam benak anak-anak, kita waspada terhadap kelompok garis keras yang mau merongrong kewibawaan dan keutuhan NKRI ini,” tegasnya.

Selain pembinaan wawasan melalui sarasehan, rencana kedepan para peserta yang merupakan perwakilan tokoh pemuda dari seluruh kelurahan di Kecamatan Ngampilan akan  diberikan  materi PBB serta out bond oleh anggota Koramil Ngampilan. Hal itu menurut Makkasau bertujuan dan bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar team. 

Selain itu, kata dia, peserta juga di berikan penyuluhan tentang bahaya narkoba serta bahaya dari pergaulan bebas,

“Ini kegiatan yang sangat bagus untuk anak-anak kita di sini, mudah-mudahan mereka bisa memahami tentang Wawasan Kebangsaan ini, kemudian juga bisa memahami tentang bahaya narkoba, dan menghindarinya karna mereka masih generasi muda yang akan menjadi pengganti kita besok,” tutup Lettu Inf Makkasau, S.H. (kt1)

Redaktur: Hamzah


 



Terpopuler


Baca Juga