Jumat, 12/07/2019 13:35 WIB | Dibaca: 141 kali

Kodim Bantul Mulai TMMD Sengkuyung Tahap II


Wakil Bupati Bantul memebuka TMMD II TA 2019 Kodim 0729/Bantul. Foto:Ist

BANTUL - Kodim 0729/ Bantul memulai pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2019 di Desa Bawuran Kecamatan Pleret, yang resmi dibuka, Kamis (11/07/2019) kemarin.

Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos., M.I.Pol., mengatakan adalah kegiatan operasional selain perang yang dilakukan oleh TNI AD guna membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan diwilayah yang masih rendah tingkat pembangunan maupun perekonomian masyarakatnya.

Tema TMMD kali ini adalah "Bersama TMMD Membangun Untuk Kesejahteraan Masyarakat".

Menurut Didi, Kegiatan TMMD telah menunjukkan kepada masyarakat fungsi teritorial TNI bukan hanya sebatas dibidang pertahanan semata khususnya dalam menjaga dan menjamin kedaulatan negara namun lebih kepada memberikan pengaruh positif terhadap kamajuan masyarakat dan percepatan pembangunan khususnya di kabupaten bantul.

Ia menjelaskan, sasaran pokok TMMD antara lain berupa pembuatan corblok jalan panjang 650 meter, lebar 3 meter, tebal 0,12 meter dan bangket jalan panjang 100 meter, tinggi 0,60 meter, lebar 0,40 meter. Sedangkan sasaran tambahannya adalah bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 5 rumah.

"Kami berharap TMMD akan menjadi wahana hakekat kemanunggalan keseriusan dan kinerja terbaik TNI terlibat langsung dalam upaya mensukseskan program percepatan pembangunan diwilayah bantul," katanya dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (12/11/2019).

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih yang bertindak selaku Irup daalam Upacara Pembukaan TMMD mengatakan, TMMD adalah aktualisasi budaya gotong royong yang mengajak seluruh elemen bergandengan tangan menggelorakan semangat gotong royong sebagai nilai luhur bangsa. Hal itu, kata dia, diwujudkan melalui pembangunan sarana dan prasarana yang menjadi fokus kegiatan untuk kepentingan bersama dan masyarakat,

"Tantangan yang akan dihadapi kabupaten bantul kedepan akan semakin komplek oleh karena itu melalui program TMMD dapat memberikan edukasi akan nilai Pancasila." tambahnya.

Upacara Pembukaan TMMD di lapangam Desa Bawuran kemarib dihadiri oleh Kasi Pers Rem 072/Pmk Kol Inf Reza Anom S.Ip., M.I.Pol., Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan SIK, para Danramil dan Kapolsek serta Muspika Kecamatan Pleret dengan disaksiakan oleh masyarakat diwilayah Pleret. Setelah upacara pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi sasaran TMMD sengkuyung tahap II. (kt3)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga