Maksimalkan Sistem Penginderaan, LANAL Yogyakarta Berencana Bangun Posmat di Pantai Krakal


Danlanal Yogyakarta berfoto bersama Bupati Gunungkidul usai audiensi. Foto: ist

GUNUNGKIDUL - Pos-pos TNI Angkatan Laut di wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V, khususnya di wilayah Kabupaten Gunungkidul, terus dikembangkan.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Marinir Bambang Adriantoro mengungkapkan, atas bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, eks Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas Transmigrasi Gunungkidul sekarang sudah berfungsi menjadi Pos Pengamat (Posmat) TNI AL di pantai Gesing. Menurutnya, pos tersebut saat ini sudah terawaki oleh personel Lanal Yogyakarta,

"Latar belakang keberadaan Posmat TNI AL di pantai Gesing karena daerahnya yang terpencil sehingga rawan digunakan kegiatan ilegal, khususnya ilegal imigran ke dan menuju wilayah perairan Australia," ungkapnya dalam keterangan Pers Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Senin (15/07/2019).

Saat audiensi dengan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos di ruang rapat Bupati Jumat (12/07/19) yang lalu, Danlanal Yogyakarta juga menyampaikan program pengembangan pos-pos TNI AL di wilayah Gunungkidul.

Mengingat wilayah kerja Lanal Yogyakarta yang cukup luas dengan garis pantai yang panjang, ia mohon bantuan kembali Pemkab Gunungkidul agar memberikan ijin pengembangan Posmat TNI di pantai Krakal,

"Minimnya Posmat TNI AL di wilayah pantai Kabupaten Gunungkidul menyebabkan sistem penginderaan dan pengawasan kurang maksimal, dalam kesempatan rapat di tingkat pusat kami sudah berupaya untuk kehadiran unsur patroli KRI, namun sampai dengan saat ini masih terkendala belum tersedianya fasilitas labuh yang standar bagi unsur gelar KRI," tegasnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan potensi pantai wilayah Gunungkidul sangat luar biasa. Menurutnya, Pemkab Gunungkidul senantiasa berupaya mendorong pengembangan sektor pariwisata dan potensi laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai.

Seiring perkembangan tersebut, kata Badingah, Pemkab Gunungkidul memerlukan dukungan dari segala pihak, khususnya kepada TNI AL Lanal Yogyakarta untuk dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengunjung,

"Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini tentunya akan memiliki manfaat dan akan kita tindaklanjuti dengan baik dan akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pengadaan fasilitas labuh dermaga, karena hal tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat," ungkapnya.

Pada audensi tersebut, Danlanal Yogyakarta didampingi beberapa Perwira staf antara lain Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Mayor Laut (P) Wahono, Kepala Satuan Fasilitas Pangkalan (Kasatfaslan) Kapten Mar Susanto dan Komandan Pos TNI AL (Danposal) Sadeng Peltu Sba Teguh Santoso.

Adapun pejabat mendampingi Bupati Gunungkidul adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Drs. Sudodo, M. M, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan drh. Krisna Berlian dan Kepala Administrasi Pembangunan Hermawan Yustiyanto.

Audensi diakhiri dengan foto bersama, dilanjutkan kegiatan Danlanal Yogyakarta beserta Perwira staf pendamping dan Danposal Sadeng melaksanakan peninjauan ke lokasi rencana pengembangan Posmat TNI AL pantai Krakal Gunungkidul. (kt1)

Redaktur:Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga